News

Salah Kutip Ayat Alquran, Menantu SBY Dihujat Netizen

Baharuddin Kamal - 26/07/2021 13:26

Beritacenter.COM - Annisa Pohan, Istri dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi bahan hujatan netizen karena salah mengutip terjemahan ayat Alquran.

Diketahui, Annisa Pohan salah mengutip terjemahan ayat Alquran saat menjawab fitnah yang ditujukan kepada partai berlambang mercy beberapa waktu terakhir.

"Sungguh FITNAH kpd para kader demokrat sebenarnya bukan menyudutkan Partai Demokrat, tapi mengecilkan arti demokrasi. Sungguh ironis kawan-2 yg ingin menyampaikan aspirasi malah dituduh bergerak bukan dari pikiran & keinginan hati sendiri, ini adalah sebuah penghinaan kpd mereka," cuit Annisa dalam akun Twitternya @AnnisaPohan yang dikutip Senin (26/7/2021).

Setelah itu, Annisa Pohan mengutip terjemahan surat Al-Hujurat Ayat 6 dan 12. Meskipun maknanya tidak jauh berbeda dari terjemahan aslinya, namun terjemahan kedua ayat yang dikutip Annisa tidak tepat karena banyak diksi yang tidak sama atau sejumlah kata yang hilang jika dibandingkan dengan terjemahan yang dikutip dari situs Kementerian Agama (Kemenag).

Adapun terjemahan kedua ayat tersebut, Ayat 6 agar orang-orang beriman senantiasa meneliti suatu berita agar tidak menimbulkan musibah atau penyesalan. Sementara ayat 12 berisi tentang ajaran agar orang-orang beriman menjauji buruk sangka.

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu (QS. Al Hujurat: 6)," tulis Annisa.

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang (QS. Al Hujurat: 12)," sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan situs Kementerian Agama (Kemenag), terjemahan Ayat 6 dan 12 surah Al-Hujurat adalah sebagai berikut:

"Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu. (Al-Hujurat:6)"

"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (Al-Hujurat:12),"

Namun, akhirnya Annisa memberikan klarifikasi bahwa ia mengutip ayat tersebut dari situs tafsirweb.com. Menurutnya, ada beberapa sumber penafsiran dan perlu bimbingan guru untuk memahaminya.

"Beberapa sumber penafsiran, tapi perlu bimbingan guru utk memahaminya," cuit Annisa lagi.

TAG TERKAIT :
Berita Center Demokrat SBY Annisa Pohan Istri AHY Salah Kutip Ayat

Berita Lainnya