News

Ini Kata Polisi soal Viral Video Mobil Bawa Tabung Oksigen Diputar Balik di Bundaran Waru

Aisyah Isyana - 29/07/2021 16:57

Beritacenter.COM - Viral di media sosial sebuah video yang menampakkan mobil pembawa tabung oksigen diputar balik polisi di Bundaran Waru, Surabaya, saat penyekatan PPKM. Terkait hal itu, polisi memiliki alasan kenapa memutar balik mobil pembawa tabung oksigen.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra turut membenakan soal video yang terjadi di pos penyekatan Bundaran Waru. Dia menyebut, alasan polisi memutar balik kendaraan itu lantara tak ada unsur urgensi untuk melintasi penyekatan.

Baca juga :

"Saat itu anggota melihat tidak ada unsur urgensinya. Karena menurut keterangan anggota memang membawa oksigen, mobil pikap kalau gak salah. Kemudian itu tabung oksigen yang dibawa hanya sekitar 4 biji," terang Teddy kepada detikcom, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, kendaraan yang dapat melitas penyekatan hanya untuk kategori urgensi saja, yakni hanya sektor esensial dan krital serta yang bersifat emergency saja. Teddy meyakini jika anggotanya di lapangan telah memahami betul aturan tersebut.

"Yang jelas yang bisa lewat Cito (Bundaran Waru) itu kan hanya tenaga kesehatan (nakes), TNI-Polri. Kemudian kalaupun oksigen untuk rumah sakit, kami paham lah situasi di lapangan seperti yang emergency mungkin membawa orang sakit dan lain-lain. Ya itu anggota pasti sudah paham semua lah. Pasti dibolehkan melintas kalau emergency," jelas Teddy.

Untuk diketahui, viral di media sosial sebuah video berdurasi 59 detik yang menampakkan kendaraan pembawa tabung oksigen di putar balik polisi di penyekatan Bundaran Waru, Surabaya.

Kendaraan yang membawa tabung oksigen untuk diantar ke rumah-rumah itu tak diizinkan melintasi penyekatan. Meski sang sopir sudah menjelaskan jika dirinya membawa tabung oksigen untuk diantar ke rumah-rumah, tetap alasan itu tak cukup untuk membuat polisi meloloskannya di pos penyekatan. Kendaraan itu tetap diputar balik polisi.

TAG TERKAIT :
Polrestabes Surabaya Media Sosial Video viral Pos Penyekatan

Berita Lainnya