News

Jokowi : Kasus COVID di Jawa Melandai, Tapi yang Diluar Pulau Jawa Gantian Naik

Aisyah Isyana - 30/07/2021 10:31

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut angka penyebaran kasus virus Corona terpantau mulai melandai di Pulau Jawa. Hanya saja, penurunan kasus Corona di Jawa, juga turut dibarengi dengan kenaikan kasus diluar pulau Jawa.

"Saya melihat angka-angka tadi di wilayah-wilayah di Pulau Jawa sudah mulai melandai, pelan-pelan, tetapi yang di luar Jawa gantian naik. Inilah memang varian Delta ini sangat cepat sekali," ujar Jokowi dalam sambutannya diacara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Baca juga : 

Jokowi menyebut penerapan PPKM darurat yang diberlakukan sejak beberapa pekan lalu, diambil pemerintah guna menekan penyebaran virus Corona. Kala itu, Jokowi menyebut titik merah kasus COVID di Jawa-Bali sudah hampir merata, bahkan tak ada titik kuning.

"Tidak ada jalan lain saat itu karena di Pulau Jawa dan di Pulau Bali kita lihat semuanya titik semua titik merah, tidak ada yang kuning sehingga keputusan yang sangat berat kita lakukan dengan PPKM darurat karena tidak ada cara yang lain selain yang itu, karena melompat kasusnya. Dan alhamdulillah sekarang paling tidak bisa kita rem, meskipun turunnya pelan-pelan tapi bisa kita rem," ujar Jokowi.

Untuk, Jokowi berharap kedepannya masyarakat dapat lebih bersabar, bekerja lebih keras, dan tahan banting di masa sulit pandemi Corona. Jokowi bahkan menyebut WHO belum dapat mempresdiksi kapan pandemi COVID akan berakhir.

"Oleh sebab itu bapak ibu semuanya harus bekerja lebih keras lagi, tahan banting. Keadaan ini, kita... Saya ngomong apa adanya, bukan menakut-nakuti tetapi kasus virus corona ini akan selesai kapan? WHO pun juga belum bisa memprediksi," kata Jokowi.

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi WHO Pandemi COVID-19 Kasus Covid-19 Kasus COVID Jawa-Bali Turun

Berita Lainnya