Nasional

Jokowi: PPKM Saja Semua Menjerit, Apalagi Lokcdown

Lukman Salasi - 30/07/2021 13:59

BeritaCenter.COM – Presiden Jokowi berbicara mengenai lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia yang melonjak tajam akibat Corona Varian Delta. Akibatnya, zona merah di Jawa-Bali jadi merata.

Untuk itu, kata Jokowi, tidak ada pilihan selain memberlakukan PPKM darurat demi menekan laju penyebaran Corona Varian Delta tersebut. Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

"Tidak ada jalan lain saat itu karena di Pulau Jawa dan di Pulau Bali kita lihat semuanya titik semua titik merah, tidak ada yang kuning, sehingga keputusan yang sangat berat kita lakukan dengan PPKM darurat karena tidak ada cara yang selain yang itu, karena melompat kasusnya. Dan alhamdulillah sekarang paling tidak bisa kita rem, meskipun turunnya pelan-pelan, tapi bisa kita rem," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan kenapa Indonesia tak bisa menerapkan lockdown seperti negara lain. Sebab masyarakat banyak menjerit padahal Indonesia hanya memberlakkan PPKM. Apalagi lokcdown.

"Nggak bisa kita tutup seperti negara lain, lockdown. Lockdown itu artinya ditutup total," tuturnya.

"Kemarin yang namanya PPKM darurat itu kan namanya semi-lockdown. Itu masih semi saja sudah, saya masuk ke kampung, saya masuk ke daerah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka,” ujar Jokowi.

TAG TERKAIT :
Berita Center Presiden Jokowi Lockdown Corona Varian Delta PPKM Darurat Semua Menjerit

Berita Lainnya