News

Ini Penjelasan Pemprov DKI Soal Pembeli di Warteg Harus Sudah Divaksin Covid-19

Baharuddin Kamal - 31/07/2021 16:00
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Beritacenter.COM - Pemerintah Provinnsi (Pemprov) DKI Jakarta menerangkan soal aturan pedagang dan pengunjung yang makan di tempat harus sudah divaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Kebijakan ini diambil untuk mengurangi potensi penyebaran," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria secara virtual kepada wartawan, Sabtu (31/7/2021).

Menurutnya, ada potensi penyebaran virus corona melalui doplet. Pasalnya, orang yang sedang makan pasti melepas maskernya.

"Karena sesungguhnya, ketika kita makan, itu tidak ada pilihan, kita pasti membuka masker. Ketika membuka masker inilah potensi droplet penyebaran virus terjadi. Jadi saya kira kebijakan ini dimaksudkan untuk mengurangi potensi penyebaran," tuturnya.

Dia mengatakan, ada beberapa kelonggaran saat PPKM level 4 diterapkan. Terkait hal itu, Riza mengatakan bahwa pihaknya membuat aturan demi menjaga kesehatan dan keselamatan warga Jakarta.

"Semuanya dimaksudkan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan warga. Jadi memang PPKM level 4 ini di satu sisi ada pengetatan dengan maksud agar kita bisa mengurangi secara signifikan melakukan pembatasan kapasitas, pembatasan jam operasional, dan pembatasan keluar-masuk Jakarta dan lain-lain," ujarnya.

Dia mengklaim warga Jakarta sudah mendapat vaksin Corona dosis pertama cukup banyak. Dari total 8,5 juta orang, katanya, sudah 7,4 juta orang yang menjalani vaksinasi Corona tahap satu.

"Kalau kita tahu juga data vaksin juga sudah cukup tinggi di Jakarta, dosis satu itu saja sudah mencapai 7,4 juta dari 8,5 juta warga Jakarta. Jadi paling tidak secara umum paling tidak orang dewasa harusnya sudah hampir seluruhnya mendapatkan vaksin," tuturnya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center DKI Jakarta Vaksinasi Covid-19 Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria PPKM Level 4 Makan di Warteg

Berita Lainnya