Politik

PDIP : Baliho Puan Bukan untuk Capres-Cawapres, Kita Kenalkan Ketua DPR RI

Sekarang pilkada tidak ada, bagaimana kita memperkenalkan Mbak Puan pimpinan kita di DPR RI, bukan capres-cawapres, tapi Ketua DPR RI

Aisyah Isyana - 03/08/2021 16:55

Beritacenter.COM - Baliho bergambar Puan Maharani menjadi sorotan publik, lantaran dipasang di sejumlah wilayah. Fraksi PDIP DPR RI memastikan jika baliho Puan itu bukan untuk Pilpres, namun untuk memperkenalkan Ketua DPR RI hingga ke daerah-daerah.

Menanggapi hal itu, Ketua F-PDIP DPR RI Utut Adianto sebelumnya menyebut yang dipasang itu bukan baliho, melainkan billboard. Pasalnya, pemasangan billboard membayar pajak. Dia menyebut pemasangan gambar puan tak terkait Pilpres 2024.

Baca juga :

"Kalau untuk pilpres, semua tahu bahwa kewenangan itu ada di Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati. Kewenangan itu diberikan pada saat Ibu dipilih menjadi Ketua Umum Partai kembali 11 Agustus 2019 yang lalu. Nah, kandidatnya siapa, tentu Ibu yang menilai," ujar Utut kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Utut menyebut sosok Puan Maharani sejatinya sudah dikenal khalayak publik. Hanya saja, selama ini Puan selaku Ketua DPR RI bekerja dalam diam, dalam artian tak pernah memamerkan apa yang telah dikerjakannya.

"Sebagai anggota fraksi, kami di DPR RI dipimpin oleh orang yang namanya Puan Maharani. Puan Maharani apakah sudah dikenal publik? Sudah, tetapi kita harus sampaikan bahwa Puan Maharani adalah sosok yang selama ini bekerja, sekali lagi sosok yang selama ini bekerja dalam diam, bukan dalam senyap, dalam diam. Pemahaman diam itu dia tidak pamer-pamer apa yang dia kerjakan, dia solution oriented," ujarnya.

Untuk itu, F-PDIP DPR RI menyebut pihaknya sepakat untuk memasang baliho Puan Maharani di daerah pemilih atau dapil masing-masing agar publik lebih mengenal Puan. Dia memastikan tak ada pemaksaan dibalik pemasangan baliho Puan.

"Nah, untuk itu, kan kita perlu jelaskan kita punya kader loh, namanya Puan Maharani. Dan itu saya ketika pleno fraksi hari Jumat, 18 Juni 2021, saya memang meminta kesediaan secara ikhlas, secara sukarela, teman-teman anggota DPR RI yang ada 128 orang itu di dapil masing-masing. Sekali lagi keikhlasan, bukan paksaan," ucapnya.

Lebih lanjut, PDIP menyebut memiliki 74 dapi dari 80 dapil di seluruh Indonesia. Utut menyebut pemasangan baliho Puan bertujuan untuk memperkenalkan nama Puan di dapil-dapil tersebut.

"Tentu yang belum dapil yang Aceh 1, Aceh 2, Sumbar 1, Sumbar 2, NTB 2, dan Gorontalo yang kita tidak punya, itu nanti biar dipikirin oleh kalau memungkinkan struktur partai, itu perintahnya. Jadi lebih pada pengenalan. Kenapa kepak sayap? Kan mungkin banyak tanya. Mbak adalah pembawa semangat untuk mempersatukan kebinekaan, intinya itu," sebut Utut.

"Ini fraksi meminta teman-teman, kan sering kan kalau di dapil fraksi meminta teman-teman dapil untuk membantu pilkada. Sekarang pilkada tidak ada, bagaimana kita memperkenalkan Mbak Puan pimpinan kita di DPR RI, bukan capres-cawapres, tapi Ketua DPR RI," imbuhnya.

TAG TERKAIT :
DPR RI Politik PDIP Baliho Puan maharani Baliho Puan Billboard

Berita Lainnya