Opini

Donasi Rp 2T, Betulan Atau Pepesan Kosong?

Indah Pratiwi - 04/08/2021 10:11
Oleh : Zainal Abidin Sidik

Baru-baru ini, seseorang yang mengaku ahli waris almarhum pak Akidi Tio, mendeklarasikan donasi yang besarannya mengalahkan donasi para pesohor kelas dunia, 2 Triliun rupiah. Donasi itu cuma kalah dari jumlah yang pernah disumbangkan oleh Bill Gates, kata Ketua DPR Bambang Soesatyo. Bedanya, donasi Bill Gates sudah benar-benar diserah-terimakan, dan sudah juga digunakan.

Sebaliknya, donasi atas nama pak Akidi Tio, masih kontroversi. Yang pasti, penyerahan simbolik sudah dilakukan dari keluarga almarhum kepada pejabat publik yang ditunjuk keluarga. Wujudnya masih belum kelihatan. Ada yang bilang transfernya susah. Entah apa susahnya. Mungkin kalau perlu penyerahan fisik, beneran susah. Dengan pecahan IDR 100.000, duit itu kalau dijejerkan, panjangnya mencapai 2 km. Saya pribadi, bersyukur ada orang baik seperti itu. Apalagi di saat masyarakat grass root benar-benar membutuhkannya.

Tentu dengan syarat, donasi ini bener-bener sungguhan. Seperti biasa, publik di negeri +62 ini begitu cepat terbelah. Di satu sisi percaya begitu saja, dan di sisi berseberangan, tidak mempercayainya. Itu beneran atau sekedar pepesan kosong. Dan kedua pihak itu pun saling membully. Rame dah …

Saya pribadi, menunggu dengan harap-harap cemas. Kenapa? Di negeri ini sudah terlalu banyak hal-hal ajaib sejenis, yang juga melibatkan pejabat. Di masa bu Mega, ada menteri yang menggali harta karun untuk bayar seluruh hutang negara. Di masa SBY, ada yang promosi sebuah mesin yang bisa mengubah air menjadi minyak. Bahkan kalau ditarik sampai zaman Bung Karno, ada pasangan tukang becak dan PSK yang mengaku raja. Pendeknya, hampir di masa siapapun presidennya, ada setori something like that.

Cara paling mudah melihat kebenarannya, mungkin dari transaksi pajak ybs, dan ahli warisnya. Saya yakin ada catatannya, dan angkanya tentu lumayan besar. Entah kalau berkaitan dengan amnesti pajak, karena pada saat ada kebijakan itu, ybs sudah tiada. Semoga dananya benar-benar ada …

Sumber : Status Facebook Zainal Abidin M Sidik

TAG TERKAIT :
Akidi Tio Sumbangan 2 Triliun Rupiah Sumbang 2 Triliun

Berita Lainnya

LBP MENGGUGAT

Opini 24/09/2021 12:00