Opini

Indonesia Mudah Pecah Belah

Indah Pratiwi - 04/08/2021 17:42
Oleh : Sanny Chang

I N D O N E S I A terdiri dari berbagai Ras, Suku, dan Agama. Tak heran bangsa ini mudah dipecah belah karena mentalnya masih mental kaca tapi selalu lupa bercermin. Dimana ada yang menginspirasi kebajikan, disana ada yang mengekploitasi keburukan. Dimana ada pemimpin yang berupaya membawa perubahan, disana ada sekumpulan yang berupaya menghambat dan menjegal langkahnya. Dimana ada pemimpin yang menjaga aset negara dan menambah aset negara, disana ada sekumpulan yang merusak aset negara dan mengambil aset negara.

Miris memang mengproklamirkan kemerdekaan setiap tahunnya, tapi bangsanya diisi dengan orang orang yang mudah diprovokasi sehingga tidak bersatu, gambaran praktek peninggalan jaman Belanda. Jangankan mengaku setanah air, sesuku, seagama, bahkan yang semarga, tidak risih dan tidak sungkan gencar saling menjatuhkan, tanpa mempertimbangkan dan tanpa menyadari bahwa ia lebih buruk dari kaki tangan kolonial dimasa penjajahan dulu.

Yang setanah air, manfaatnya apa?, mungkin bagi yang sekumpulan ingin merubah Ideologi Bangsa Indonesia cukup masuk akal. Akan tetapi bagi yang sesuku, seagama manfaatnya apa?, mungkin bagi yang sekumpulan ingin kepentingan pribadinya dengan mengataskan ambisi untuk bisa duduk di kursi panas. Lebih heran lagi yang semarga dalam etnis tertentu, manfaatnya apa?, mungkinkah mendapat apresiasi?, atau mungkin mendapatkan suatu prestasi? jika semarga pun sudah tidak bisa bersatu, bagaimana yang berbeda beda ?

Itulah mengapa persatuan itu sulit direalisasi yakni sila ke 3 dari Pancasila. Jangan malu menjadi kaki tangan penyampai berita kebajikan sebagai kebangkitan rasa keperdulian. Malulah jika menjadi kaki tangan penyampai berita keburukan sebagai kehancuran dan matinya nurani. Semoga TYME menguatkan langkah dan jiwa pemimpin RI… Semoga pandemi ini segera berlalu… Bagi saudara sebangsa dan setanah air dimanapun berada kiranya senantiasa dalam lindungan NYA…Salam Damai …

Sumber : Status Facebook Sanny Chang

TAG TERKAIT :
Indonesia NKRI Harga Mati Bersatulah Indonesia

Berita Lainnya

LBP MENGGUGAT

Opini 24/09/2021 12:00