News

150 Anak di DIY Kehilangan Orang Tua Akibat Covid -19

Dewi Sari - 05/08/2021 10:35

Beritacenter.COM - Sebanyak 150 anak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kehilangan orang tua akibat pandemi Covid -19. Mereka semua kehilangan orang tuanya akibat Covid -19 sehingga meninggal dunia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Erlina Hidayati Sumardi menerangkan, pihaknya terus melakukan pendataan terkait anak yang ditinggal meninggal orang tuanya karena Covid-19.

Sejauh ini data 110 data anak telah masuk. Namun diperkirakan terdapat 150 anak yatim piatu karena pandemi Covid-19 ini.

"Sementara ada 110. Tetapi ini teman-teman masih mengerjakan (pendataan). Jadi mungkin sekitar 150 ada. Yang sudah ada by name by address-nya 150 statusnya ada yang yatim piatu, artinya sekaligus dua-duanya orang tuanya meninggal, ada yang salah satu," kata Erlina saat dihubungi.

Erlina menjabarkan bahwa pendataan terus dilakukan. Dia menilai angka anak yatim piatu ini bisa bertambah karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pendataan anak yatim piatu ini tak hanya dilakukan DP3AP2 DIY. Ada kerja sama data dari berbagai lembaga, semisal Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Muhammadiyah, dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan dinas di kabupaten maupun kota.

"Kami punya banyak masukan-masukan data. Tapi kan harus kami kroscek macam-macamnya, karena masukannya itu dari berbagai pihak. Perlu untuk saling silang agar tidak ada yang double dan sebagainya," urainya.

Kelengkapan data dibutuhkan untuk upaya lanjutan dari DP3AP2 untuk membantu anak yatim piatu ini. Mereka diberi dukungan psikologis, pemantauan kesehatan, kemudahan akses memperoleh pendidikan layak, dan lain sebagainya.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Anak Anak DIY Yatim Piatu

Berita Lainnya