News

Tahun ini ! 11 Bus Listrik Bakal Beroprasi di Bandung

Baharuddin Kamal - 05/08/2021 13:15
Bus listrik.

Beritacenter.COM - Sebanyak 11 bus listrik akan mengaspal di Kota Bandung pada tahun ini. Bus-bus dengan skema Buy The Service (BTS) tersebut akan beroprasi dengan trayek Leuwipanjang-Dago.

"Bus Listrik untuk koridor Leuwipanjang-Dago sepanjang 12,8 KM. Jumlah busnya ada 11 buah," ujar Kadishub Jabar Heri Antasari saat dihubungi, Kamis (5/8/2021).

Sebelumnya diberitakan, Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub Budi Setiyadi membawa kabar baik bahwa bus listrik akan mulai beroprasi di Kota Bandung dan Surabaya tahun ini.

Dia mengatakan, layanan bus listrik akan dalam satu koridor di Bandung. "Sedangkan di Surabaya akan menggunakan dua koridor bus listrik. Saya harap ini bisa diproses, saya harapkan di Bandung nanti ada populasi sekitar 20 bus listrik yang akan melayani warga dengan skema buy the services di tahun 2021," ujar Budi di Terminal Leuwipanjang, Rabu (4/8).

Untuk menunjang itu, saat ini pihak Kemenhub tengah membangun kantor terminal yang ditargetkan selesai pembangunan tahap II-nya tahun ini. "Akan kami selesaikan, dengan selesainya terminal ini sekitar September atau Oktober, kita harapkan buy the services di Bandung sudah siap," katanya.

Selain di Bandung, daerah di Jawa Barat yang akan menggunakan layanan bus listrik ini adalah Kota Bogor. "Satu hal yang kita sedang matangkan juga dan saya kira perlu dikoordinasikan dengan semua, adalah keinginan Kota Bogor untuk konsisten dengan konsep green transportation," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya dalam Webinar Skema Pembelian Layanan Buy The Service (BTS) di Kota Bogor, yang disiarkan di kanal YouTube BPTJ 151, Rabu (28/4).

"Jadi bus-bus awal dalam skema buy the service ini kita ingin sekali menggunakan bus listrik, tidak lagi bahan bakar premium. Karena kalau kita tidak mulai dari sekarang, ke sananya sulit lagi tantangannya," ujar Bima melanjutkan.

TAG TERKAIT :
Bandung Berita Center Mobil listrik Bus Listrik

Berita Lainnya