Internasional

Varian Delta Berimbas Lonjakan Kasus COVID-19 Buat RS di Filipina Nyaris Penuh

Aisyah Isyana - 09/08/2021 23:42

Beritacenter.COM - Penyebaran virus Corona (COVID-19) varian Delta berimbas lonjakan kasus di Filipina. Bahkan, meroketnya kasus infeksi COVID-19 yang menyebar hampir diseluruh Asia Tenggara itu membuat seperlima rumah sakit di Filipina nyaris mencapai kepasitas.

Filipina sebagai negara berpenduduk 110 juta jiwa ini melaporkan setidaknya jumlah kasus harian ditingkat 8-10 ribu per-harinya dalam beberapa pekan terakhir. Angka ini jauh diatas rata-rata kasus harian 5.700 kasus yang dilaporkan bulan lalu, seperti dilansir Reuters, Senin (9/8).

"Sangat mungkin kasus akan terus meningkat bahkan setelah ECQ," ujar juru bicara Kementerian Kesehatan Maria Rosario Vergeire, merujuk pada peningkatan karantina masyarakat (ECQ), klasifikasi yang digunakan di ibu kota Manila dan sekitarnya untuk bentuk lockdown ketat.

Maria menyebut sebanyak 236 dari 1.291 rumah sakit yang ada di Filipina telah mencapai tingkat kritis, dimana tingakat keterisiannya ada di angka 85 persen imbas lonjakan kasus Corona.

Lebih lanjut, Maria menyebut rumah sakit di Ibu Kota Filipina, yakni Manila, menjadi pusat wabah saat ini. Dimana terdapat sebanyak 25 rumah sakit dari 159 fasilitas kesehatan di Manila yang hampir penuh.

Sekedar diketahui, otoritas Filipina sebelumnya telah menetapkan wilayah Manila sebagai kawasan perkotaan yang terdiri dari 16 kota yang menampung lebih dari 13 juta orang dalam penguncian atau lockdown selama dua minggu. Hal ini dilakukan agar kasus COVID di Filipina tak semakin menyebar, mengingat kasus-kasus secara nasional telah mendekati level tertinggi.

TAG TERKAIT :
Filipina Corona Virus Virus Corona Pandemi COVID-19 Corona Varian Delta

Berita Lainnya