Nasional

Apa Itu Corona Varian Mu yang Kini Sudah Menyebar ke 40 Negara?

Lukman Salasi - 03/09/2021 10:40

BeritaCenter.COM – Corona varian baru kembali muncul, padahal berbagai negara di dunia masih dihantui oleh varian delta yang belum juga bisa teratasi dengan baik.

Kini muncul corona varian Mu atau Varian Mu COVID-19 dan telah masuk dalam daftar Variant of Interest (VOI). Varian Mu ini diperkirakan sudah menyebar ke 40 negara.

Varian Mu dikenal sebagai varian B.1621 yang pertama kali ditemukan pada Januari 2021 di Kolombia, Amerika Selatan.

Varian Mu ini oleh WHO dimasukkan kedalam kategori Variant of Interest (VOI) yang berarti perlu dilakukan pemantauan khusus karena memiliki risiko atau masalah potensial.

WHO mengatakan bahwa data awal menunjukkan varian Mu tampaknya lebih kebal terhadap antibodi.

WHO mengatakan, varian Mu masuk dalam Variant of Interest (VOI) karena memiliki "konstelasi atau kumpulan mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan".

Artinya, varian Mu tampaknya lebih kebal terhadap antibodi. Namun masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Varian ini menyumbang kurang dari 0,1 persen kasus infeksi COVID-19 global dan telah ditemukan di sejumlah bagian Amerika Serikat, Eropa dan Hong Kong.

"Di luar Amerika Selatan, kasus telah dilaporkan di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, dan Hong Kong," demikian pernyataan WHO.

Bahkan saat ini varian Mu sudah masuk ke Jepang. Kementerian Kesehatan Jepang mengumumkan, varian Mu terdeteksi pada seorang wanita 40-an tahun yang tiba dari Uni Emirat Arab pada 26 Juni 2021. Kasus ain ditemukan pada wanita 50-an tahun yang tiba dari Inggris pada 5 Juli.

TAG TERKAIT :
Berita Center WHO Pandemi COVID-19 Varian Mu COVID-19 Corona Varian Mu

Berita Lainnya