News

Pemerintah Monitor Ketat Mutasi Baru Corona Varian Mu, Lambda, dan Delta

Aisyah Isyana - 04/10/2021 21:58

Beritacenter.COM - Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai masuknya mutasi baru virus Corona (COVID-19). Mutasi baru virus Corona itu berasal dari berbagai varian, baik varian Mu, Lambada, juga mutasi varian Delta.

"Kita juga di sisi surveilans juga terus memonitor adanya varian-varian baru, baik varian Mu maupun varian Lambda, termasuk juga varian-varian mutasi Delta yang ada di Indonesia," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Budi menyebut mutasi virus Corona varian Delta tak hanya ada di Indonesia, namun juga ada di negara-negara lainnya. Tak hanya mewaspadai adanya mutasi varian baru di dalam negeri, pemerintah juga mewaspadai masuknya varian baru dari luar negeri.

"Dan itu yang kita monitor secara ketat untuk memastikan kita siap dan tidak terlambat kalau ada masuknya mutasi-mutasi baru ini di seluruh Indonesia. Kita jaga dengan cukup ketat di semua perbatasan kita," kata Budi.

Selain itu, pemerintah juga terus menggencarkan vaksinasi virus Corona. Hingga saat ini, sudah ada 94 juta orang di Indonesia yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Dengan capaian itu, Indonesia naik ke peringkat kelima dunia jumlah vaksinasi dosis pertama.

"Kita naik satu tingkat menyusul Jepang yang ada di kisaran 80-an juta orang," kata Budi.

Sementara untuk total vaksinasi yang telah diberikan, Indonesia berada di peringkat ke-6 dunia. Total hingga saat ini, Indonesia telah menyuntikkan 148 juta dosis vaksinasi COVID-19.

TAG TERKAIT :
MU Pandemi COVID-19 Vaksin Covid-19 Corona Varian Delta Corona Varian Mu Varian Baruna Corona Lambda

Berita Lainnya