Kriminal

Gelapkan 7 Kg Emas Milik Perusahaan, Kurir di Surabaya Ditangkap Polisi

Baharuddin Kamal - 08/10/2021 20:50
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian menangkap seorang kurir PT Indah Golden Signature (IGS). Kurir tersebut ditangkap lantaran diduga menggelapkan 7 Kg emas batangan senilai Rp6 miliar milik perusahaan pengekspor emas itu.

Tersangka diketahui berinisial DJ (38), warga Banda Aceh yang tinggal di Pakuwon City. Dia merupakan karyawan PT IGS yang bertugas sebagai kurir untuk mengantarkan emas. Selain DJ, polisi juga menangkap SB (34), warga Kediri yang indekos di Rungkut, Surabaya. Dia diduga sebagai penadah.

"Kedua pelaku ditangkap di dua tempat berbeda. DJ ditangkap di sebuah kafe apartemen Jalan MH Thamrin, Tangerang 1 Oktober 2021. Tersangka SB kami tangkap di Pasar Wadung Asri, Waru, Sidoarjo, keesokan harinya," jelas Wakapolda Jawa Timur Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, Jumat (8/10/2021).

Tersangka DJ membawa kabur emas yang sudah dimurnikan di Toko Emas Sumber Baru, Pasar Atom, Surabaya. Ia kemudian berupaya mencari pembeli dari emas yang dicurinya itu di wilayah Sidoarjo.

"Pelaku sempat berputar-putar di wilayah Sidoarjo menjual emasnya dengan cara dipotong beberapa bagian," tegasnya.

Akhirnya DJ menemukan seorang pembeli. Emas curian yang sudah dipotong-potong menjadi seberat 20 gram dibeli SB seharga Rp8 juta.

DJ juga menjual sisa emasnya di Pasar Stasiun Tangerang Banten. "Kerugian yang dialami PT IGS sebesar Rp6 miliar," ujarnya.

Atas perbuatannya, DJ dijerat dengan Pasal 374 KUHP subsider Pasal 372 KUHP terkait Penggelapan dengan ancaman lima tahun penjara. Sementara itu SB dijerat dengan Pasal 480 tentang penadahan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

 

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Surabaya 7 Kg Emas Batangan

Berita Lainnya