Opini

Jokowi, Asa Terakhir Negeri Ini?

Indah Pratiwi - 09/10/2021 13:32
Oleh : Agung Broto
FOKUS : Jokowi

Jabatan politik itu berlaku sementara. 5-10 tahun juga angin akan berganti. Pejabat baru, kebijakan baru. Presiden, parlemen, para menteri, semua segera bersiap-siap menghadai suksesi. Para menteri adalah angels yang memberi support penuh atas misi dan program kebijakan presiden. Rencana kerja dan target- target disusun, berdasarkan skala prioritas yang terbaik.

Presiden memang perencana , namun eksekusi ada pada jajaran aparatus yang ada yang didasarkan pada undang-undang. Negara adalah rumah tangga bangsa yang dalam pengelolaannya hampir sama polanya. Cash in- cash out, hutang, belanja, hibah, dll. Semua pemasukan akan dioptimalkan dari semua potensi. Baru-baru ini NPWP diagendakan sama dengan NIK untuk wajib pajak pribadi.

Single number ini kelak mungkin akan merembet pada identitas yang lain, SIM, Rekening, BPJS, taspen, asuransi, dll. Bisa jadi ini adalah langkah awal negara dalam mengelola potensi cash ini yang rutin ada. Pertanyaannya adalah, jika pemasukan pajak benar optimal, lalu bagaimana dengan belanja dan pengeluarannya? Mekanisme belanja negara ini sudah diatur sedemikian rupa melalui undang-undang. Hanya saja yang bikin males adalah saat sudah taat pajak, itu duit malah dikorupsi. Ituuu….

Memang negara tidak pernah berhenti berupaya menekan korupsi lewat KPK, kejaksaan, polri, BPK, BPKP, inspektorat,dll…namun seakan efektifitasnya belum signifikan. Karena apa? Selain sudah hilangnya rasa malu, keputusan hakim bagi pelaku korupsi masih terlalu ringan , jadi sangat tak sepadan. Presiden Jokowi beserta tim, yang dalam 3 tahun lagi bertugas, selain membuat prasasti infrastruktur di pelosok negeri, buatlah satu RUU soal pemiskinan koruptor sebagai upaya penegakan hukum. RUU ini akan menjadi sejarah baru upaya pemerataan rasa keadilan sosial. Tetaplah menjadi asa bagi negeri ini….

Sumber : Status Facebook Agung Broto

TAG TERKAIT :
Jokowi Jokowi Hebat Jokowi Orang Baik Jokowi Orang Hebat Jokowi Presiden Ku Jokowi Orang Jujur Jokowi Orang Tegas Jokowi Pemimpin Jenius Jokowi Jenius

Berita Lainnya