Peristiwa

Warga Digemparkan Temuan Paus Membusuk di Pantai Jebring Blitar

Baharuddin Kamal - 11/10/2021 08:50

Beritacenter.COM - Warga dihebohkan penemuan bangkai paus yang terdampar di Pantai Jebring, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Blitar. Paus tersebut ditemukan dalam kondisi membusuk dan langsung dikubur di sekitaran pantai.

Penemuan itu turut dibenarkan oleh Kapolsek Wonotirto Iptu Supriyadi yang menyatakan bahwa paus tersebut telah terdampar sejak Kamis (7/10) malam. Dan baru dilaporkan ke Polsek Wonotirto, Sabtu (9/10). Setelah dilakukan pengecekan, paus itu terdampar di pantai dengan jarak 15 meter dari bibir pantai.

"Memang benar ada temuan bangkai ikan paus. Tapi itu ditemukan sejak Kamis malam, Sabtu baru dilaporkan kepada kami," kata Supriyadi, Senin (11/10/2021).

Menurutnya, paus tersebut terdampar saat laut mengalami pasang pada Kamis malam. Lalu, saat kondisi lau kembali normal pasu itu kesulitan kembali ke lautan. Karena jarak terdamparnya sekitar 15 meter dari bibir pantai.

Pantai Jebring memang jarang dikunjungi warga setempat. Bangkai paus tersebut ditemukan oleh Samirin yang saat itu sedang menunggu warung. Namun saat itu, saksi tidak mengira jika benda yang terdampar itu paus. Baru keesokan harinya, warga mendekati dan baru diketahui jika benda itu adalah bangkai paus.

"Ketika kami ke lokasi, kondisinya sudah membusuk dan berbau. Beratnya sekitar tujuh kuintal dengan panjang sekitar lima meter," ungkapnya.

Kapolsek mengaku harus berkoordinasi dulu dengan tiga pilar untuk menangani penemuan bangkai paus tersebut. Baru pada Minggu (10/10) diputuskan bangkai paus dikubur di lokasi temuan. Mengingat untuk mengangkat jauh dari lokasi temuan tidak memungkinkan.

"Kami putuskan segera menguburkan karena sudah mulai menebar bau tak sedap. Gak jauh menguburmu, ya kami gali pasir di dekat bangkai, lalu kami kuburkan di situ juga," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Blitar Paus terdampar Bangkai paus Pantai Jebring

Berita Lainnya