Peristiwa

Polri Beberkan Peran Kepala Suku Kimyal Dalang Kerusuhan di Yahukimo

Anas Baidowi - 11/10/2021 11:38

Beritacenter.COM - Polisi mengamankan puluhan orang pasca kerusuhan di wilayah Yahukimo, Papua. Satu dari 23 orang yang diamankan merupakan kepala Suku Kimyal yakni Morume Keya Busup alis MKB selaku dalang utama kerusuhan.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menjelaskan, kepala suku Komyal Morume berperan sebagai provokator. Morume menginisiasi dan mengerahkan kelompok-kelompok sehingga terjadi kekerasan di Yahukimo.

"Akibat provokasinya, kerusuhan pun pecah, 6 orang meninggal. Hingga saat ini, Polri masih memburu beberapa orang yang berstatus DPO," jelas Rusdi, Senin (11/10).

Sebelumnya, tewasnya mantan Bupati Yahukimo, Abock Busup jadi isu liar dan jadi salah satu pemicu terjadinya kerusuhan. Kabar beredar menyebutkan dia tewas dibunuh. Akibatnya, terjadi penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali oleh kelompok Suku Kimyal pada Minggu (3/10).

Penyerangan berlangsung sporadis dengan senjata tajam, busur panah dan parang yang mengakibatkan 6 orang meninggal, dan 41 lainnya luka-luka. 52 orang ditangkap untuk menjalani proses pemeriksaan.

Abock Busup ditemukan meninggal di kamar 1707 Hotel Grand Mercure, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat pada Sabtu (2/10). Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono membantah kabar tersebut. Sejauh ini tidak ditemukan tanda-tanda pembunuhan dari jenazah korban.

“Memang didapati keterangan dari para saksi-saksi ini, tidak ditemukan kekerasan pada tubuh korban. Tidak diketemukan benda-benda lain, tidak ditemukan obat-obat pada sekitar jenazah,” kata Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/10).

TAG TERKAIT :
Berita Kriminal Indonesia Berita Center Kerusuhan Papua Kerusuhan Yahukimo Morume

Berita Lainnya