News

Polri soal Rekrut Novel dkk Jadi ASN : Tak Ada Seleksi, Penempatan Sesuai Kompetensi

Aisyah Isyana - 11/10/2021 20:57

Beritacenter.COM - Polri akan merekrut 57 mantan pegawai KPK yang dipecat usai tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK), menjadi ASN. Terkait perekrutan itu, Polri memastikan Novel Baswedan dkk tak akan melalui proses seleksi untuk menjadi ASN.

"Tidak ada seleksi. Artinya kami menawarkan. Tentu dari pihak eks pegawai KPK itu sendiri, tentu dilihat dari koordinasinya bentuknya seperti apa," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (11/10/2021).

Ramadhan menyebut 57 eks pegawai KPK itu akan ditempatkan sesuai dengan kompetensi mereka masing-masing. Dia menyebut SDM Polri tengah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), guna membasah perekrutan tersebut.

"Seperti kami katakan bahwa eks pegawai KPK itu bukan penyidik semua. Tentu penempatan disesuaikan dengan kompetensinya. Itu berdasarkan koordinasi antara SDM Polri, BKN, dan KemenPAN-RB," tuturnya.

Hanya saja, Ramadhan tak menjelaskan rinci apakan semua eks pegawai KPK itu menerima tawaran dari Polri. "Ya tentu sesuai dengan aturan hasil koordinasi tadi," jelas Ramadhan.

Sekedar diketahui, Novel Baswedan dkk sebelumnya menyambut baik niat Polri untuk merekrut 57 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri. Para mantan pegawai KPK itu menyebut siap ditempatkan dimana pun asal Presiden Jokowi mengakomodasi rekomendasi Komnas HAM dan Ombudsman bahwa tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK bermasalah.

"Kalau kami sih melihat dalam konteks seluruh variabel, ada rekomendasi Ombudsman, ada rekomendasi Komnas HAM, ada isu pemberantasan korupsi, ada isu kepegawaian, ada banyak pihak/publik yang berkepentingan dan jika memang sudah mengakomodir semua hal itu, tentu presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi ASN berwenang toh menempatkan di mana saja dan kita hanya dalam posisi melakukan tugas dan fungsi untuk berkontribusi pada negara ini," kata Hotman Tambunan, kepada wartawan, Jumat (1/10).

TAG TERKAIT :
KPK POLRI Novel Baswedan ASN Pegawai KPK Tak Lulus TWK Polri Rekrut Eks Pegawai KPK

Berita Lainnya