Nasional

MUI Tidak Setuju Pemerintah Geser Hari Libur Maulid Nabi 2021

Lukman Salasi - 12/10/2021 15:15

BeritaCenter.COM – Pemerintah menggeser hari libur Maulid Nabi 2021 yang semula jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021 menjadi 20 Oktober 2021. Alasan penggeseran ini karena pemerintah hendak mengantisipasi klaster baru COVID-19.

Alasan tersebut dipertanyakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dinilai bahwa hal tersebut sudah relevan karena situasi COVID-19 sudah membaik dan terkendali.

"Saat WFH dan COVID-19 mulai reda, bahkan hajatan nasional mulai normal sepertinya menggeser hari libur keagamaan dengan alasan agar tak banyak mobilitas liburan warga dan tidak berkerumun sudah tak relevan. Keputusan lama yang tak diadaptasikan dengan berlibur pada waktunya merayakan acara keagamaan," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis dalam akun Twitternya dikutip BeritaCenter, Selasa (12/9/2021).

Menurut Cholil, kasus COVID-19 di Indonesia saat ini sudah mulai menurun. Hajatan nasional pun sudah dilakukan. Cholil mengatakan seharusnya hari libur mengikuti hari besar keagamaan.

"Indonesia paling banyak libur kerja karena menghormati hari besar keagamaan (HBK). Jadi libur itu mengikuti HBK, bukan HBK yang mengikuti hari libur. Jika ada penggeseran hari libur ke setelah atau sebelum HBK, berarti bonus, karena kita memang selalu libur," papar dia.

TAG TERKAIT :
MUI Berita Center Hari Libur Keagamaan Hari Libur Maulid Nabi 2021

Berita Lainnya