Kesehatan

5 Manfaat Mengkonsumsi Kulit Melinjo bagi Kesehatan Tubuh

Rachman Riv - 12/10/2021 19:35

Beritacenter.COM - Melinjo merupakan buah dari pohon melinjo yang biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bahan makanan, misalnya seperti sayur asam atau sayur lodeh. Melinjo mempunyai beragam warna, mulai dari warna hijau, warna kuning, dan warna merah tua, serta ungu yang menunjukkan melinjo sudah matang.

Rasa dari kulit melinjo mempunyai rasa pahit seperti pare dan suka ditambahkan ke sayuran asam yang sedang dimasak. Melinjo juga terkenal akan olahannya sebagai emping atau keripik yang terbuat dari biji melinjo. Selain enak dijadikan sebagai emping, kulit melinjo juga memunyai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan manfaat kulit melinjo untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya. Bahkan kulit melinjo ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyakit asam urat yang seringkali mendera. Berikut ini Sahijab rangkum dari berbagai sumber apa saja manfaat kulit melinjo yang wajib kamu ketahui:

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kulit melinjo wajib kamu ketahui salah satunya untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau menjadi obat alami untuk hipertensi. Penyakit hipertensi bisa disembuhkan jika kita memakan melinjo secara teratur. Hasilnya tekanan darah akan kembali normal.

2. Mencegah Asam Urat

Mitos yang beredar di masyarakat menyebutkan bahwa kulit melinjo merupakan salah satu penyebab asam urat. Namun nyatanya kulit melinjo bermanfaat untuk mencegah asam urat. Dari penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa senyawa pada kulit melinjo mampu menghambat gangguan asam urat. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kulit melinjo memiliki senyawa yang mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim (pensintesis asam urat). Dengan hal itu, kulit melinjo bisa menjadi obat asam urat yang ampuh

3. Melancarkan Pertumbuhan Tubuh

Manfaat kulit melinjo bagi tubuh karena memiliki kandungan yang terdiri dari sejumlah zat mineral seperti copper dan kalsium. Keduanya lantas menghasilkan manfaat kulit buah melinjo yakni untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh. Copper merupakan mineral yang punya peran penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel tubuh secara keseluruhan, sedangkan kalsium lebih ke pembentukan tulang yang sempurna. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan kulit melinjo untuk dijadikan menu sehari-hari.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin C yang dikandung oleh kulit melinjo memiliki sifat antioksidan. Jika sering mengkonsumsi kulit melinjo manfaat yang di dapat bisa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, termasuk sel kulit. Kerusakan pada sel-sel kulit dapat berdampak pada masalah kesehatan kulit, seperti penuaan dini yang ditandai oleh kerutan pada kulit dan disertai dengan flek hitam, pun garis-garis halus.

5. Memperbaiki Kerja Otot

Selain kalsium dan vitamin C, kulit melinjo mengandung protein yang dapat digunakan tidak hanya untuk memperbaiki kerja, tapi juga membentuk otot. Bila kamu ingin membentuk beberapa bagian otot tertentu dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi kulit melinjo. Sebagai salah satu sayuran, tentunya hal ini lebih alami dan menyehatkan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kulit melinjo untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

 

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Berita kesehatan Melinjo Daun Melinjo

Berita Lainnya