Peristiwa

Polisi Amankan 16 Pemuda hendak Tawuran di Makassar, Bendera Merah Putih-Sajam Disita

Baharuddin Kamal - 13/10/2021 08:00

Beritacenter.COM - Jajaran anggota kepolisian menangkap sebanyak 16 remaja yang diduga hendak melangsungkan tawuran di Jalan Kandea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dari penangkapan itu, polisi menyita bendera merah putih dan senjata tajam yang disiapkan pelaku untuk tawuran.

"Untuk menyusuri tempat-tempat yang disinyalir dan biasa terjadinya perang kelompok, oleh karena kita sudah mengamankan kurang lebih sekitar 16 orang yang diduga sering terlibat perang kelompok di wilayah tersebut," ujar Kabag Ops Polrestabes Makassar, Kompol Nugraha Pamungkas kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Nugraha menjelaskan, penangkapan ini bermula saat pihaknya bersama Polda Sulsel menggelar razia disejumlah titik-titik rawan tawuran. Personil juga dibagi menjadi dua tim untuk menyusuri lokasi tawuran yang berbatasan antara dua wilayah di Kecamatan Tallo dan Kecamatan Bontoala itu.

"Sementara kita telah amankan alat bukti, ada katapel batu yang disiapkan untuk melaksanakan perang kelompok di daerah tersebut," sebut Nugraha.

Sedangkan kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tawuran susulan yang kerap terjadi antara kedua kubu warga di TKP. Hingga kini, polisi pun belum dapat memastikan penyebab tawuran di lokasi.

"(Motif) itu masih kita dalami dulu penyebabnya dan kenapa sering terjadi tawuran di daerah tersebut kita masih dalami apa penyebabnya. Intinya kita ini untuk menanggulangi terjadinya kegiatan masyarakat di kota Makassar," tutur Nugraha.

Sementara itu saat dilakukan operasi di lokasi, para terduga pelaku yang diamankan ini disinyalir hendak menggelar tawuran di lokasi. Hal ini lantaran ditemukannya senjata tajam.

"Mereka ini siap-siap akan melaksanakan tawuran karena ada barang senjata yang dimodifikasi katapel tadi sudah dilihat juga dan amunisinya batu di karung jadi intinya mereka sedang persiapan untuk perang kelompok. (Untuk) Bendera merah putih ini menandakan ini salah satu kelompok, bahwa ini kelompok ini yang kelompok tidak ada bendera kelompoknya ini," jelas dia.

TAG TERKAIT :
POLISI Tawuran Makassar Berita Center

Berita Lainnya