Peristiwa

Ratusan Pasangan Nikah Siri Buat Kartu Keluarga di Bekasi

Baharuddin Kamal - 13/10/2021 09:30
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Ratusan pasangan suami istri yang menikah secara sirih berbondong-bondong membuat kartu keluarga (KK) di Dinas Kependudukan Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Belum diketahui secara pasti berapa banyak pasangan nikah siri yang mengajukan pembuatan KK,'' ujar Kepala Dinas Dukcapil Bekasi Taufiq Hidayat, Rabu (13/10/2021).

Dia mengatakan, pihaknya mulai menerapkan kebijakan tersebut setelah Dirjen Kependudukkan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah yang mengatakan pasangan nikah siri juga bisa mengurus KK.

Dia menyebutkan, pihaknya hanya bisa menerbitkan KK pasangan nikah siri dan tidak bisa menikahkan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan secara agama itu.

Dia menambahkan KK pasangan nikah siri tersebut bisa diterbitkan jika pasangan sama-sama tidak pernah menikah sebelumnya, atau telah mendapatkan izin keluarga dari istri lainnya jika pihak laki-laki lainnya sudah menikah.

Menurut dia, perubahan dalam KK tersebut tergantung dari kepala keluarga apakah sudah menikah tapi belum tercatat atau nikah tercatat di bagian KK-nya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Pemkot Bekasi Nikah siri Kartu Keluarga

Berita Lainnya