Nasional

Pakar Perkotaan Semprot Anies: Kerja Penanganan Banjir Kok Saat Hujan

Lukman Salasi - 14/10/2021 11:46

BeritaCenter.COM - Peneliti Perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna menyentil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Menurutnya, kerja penangan banjir bukan saat musim hujan.

“Apakah sungai saluran yang jadi tanggung jawab DKI selesai dikeruk, dibersihkan, kemudian ditata untuk antisipasi musim hujan. Jangan kerja penanganan banjir saat hujan. Ini musim hujan biasanya diawali di akhir November, puncak Desember atau Januari," kata Yayat, Rabu (13/10/2021) kemarin.

Yayat juga mengingatkan perihal lokasi-lokasi strategis, khususnya pusat perekonomian. Dia mencontohkan banjir yang sering melanda wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

Selain itu, Yayat mempertanyakan kelanjutan proyek normalisasi sungai. Sebab, dia mengaku tidak mendengar kabar terbaru mengenai kelanjutan proyek tersebut.

"Apakah Pemprov DKI masih niat tidak untuk tahun akan datang melakukan normalisasi. Karena tahun ini tidak ada kabar terbaru. Karena kalau tidak dilakukan apa-apa, ya mengulang cerita lama," sebutnya.

Kemudian, Yayat berbicara perihal target Anies banjir surut dalam 6 jam. Dia memprediksi tidak akan tercapai jika hujan yang mengguyur Jakarta ekstrem.

"Agak berat, kecuali hujan rata-rata normal. Takluk, KO, kalau hujan ekstrem, itu sering terjadi. 2020, 2021, kemungkinan di bulan musim penghujan. Kalau hujan ekstrem terjadi, apa yang dilakukan," ucap Yayat.

TAG TERKAIT :
Berita Center Anies Baswedan DKI Jakarta Musim Hujan Yayat Supriatna Penanganan Banjir Pakar Perkotaan

Berita Lainnya