Internasional

Indonesia Siap Hadapi Gugatan Uni Eropa Soal Nikel

Indah Pratiwi - 19/10/2021 15:32
Oleh : Dani Hardy
FOKUS : Freeport

Uni Eropa lewat WTO menggugat Indonesia perihal nikel. Semua ini karena kebijakan yang dikeluarkan Pak Jokowi. Semua biji nikel tidak boleh di ekspor. Harus sudah barang jadi. Nah ini yang buat negara Uni Eropa marah. Artinya jika di ekspor dalam bentuk jadi, harganya akan lebih mahal. Dulu mereka enak beli mentahnya dengan harga murah, dan setelah jadi dijual ke kita lagi dengan harga yang melambung tinggi.

Komitmen Pak Jokowi semakin nyata saat beliau meresmikan smelter PT. Freeport di Gresik. Ini akan menjadi smelter terbesar di dunia. Bisa ribuan ton nikel yang dikerjakan jika smelter ini sudah beroperasi. Semakin geram Uni Eropa saat Pak Jokowi katakan, ini punya kita, hak kita. Di “rumah” kita. Kenapa mereka yang sewot. Kalau tidak mau beli, kita pakai sendiri.

Sebenarnya kata-kata yang sama beliau ucapkan tahun lalu. Kalau mereka tetap ngotot mau gugat, kita tinggal siapkan pengacara bertaraf internasional. Kita punya banyak pengacara yang bertaraf internasional. Tidak perlu saya sebutkan satu persatu. Jadi, kenapa harus takut. Mereka butuh Indonesia. Buktinya mereka gugat karena takut. Indonesia adalah salah satu dari 6 negara dengan cadangan nikel terbanyak di dunia.

Hanya mau kasih tau sama kalian… Pak Jokowi ini bos…Bukan kaleng-kaleng…Indonesia Daulat Nikel #IndonesiaDaulatNikel

Sumber : Status Facebook Dani Hardy

TAG TERKAIT :
Indonesia Freeport Indonesia Digugat Uni Eropa

Berita Lainnya