Kesehatan

Anda Susah Tidur Mau Tahu Cara Mengatasinya, Baca Selengkapnya Disini...

Indah Pratiwi - 25/10/2021 14:05
FOKUS : Kesehatan

Saat sedang banyak pikiran atau stres, tak sedikit orang yang akan menjadi susah tidur. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola stres dengan baik agar pola tidur tidak terganggu. Hal ini juga penting dilakukan untuk mencegah insomnia dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Banyak orang yang justru memiliki banyak pikiran, bahkan overthinking ketika akan tidur. Sebenarnya ini lumrah terjadi karena, saat malam tiba, otak akan mencerna segala hal yang telah dilalui seharian. Karena itu, semua seperti “berputar” atau “berlari” di kepala dan membuat Anda susah tidur.

Jangan Sampai Banyak Pikiran Membuat Susah Tidur - Alodokter

Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur karena banyak pikiran, di antaranya:

 

1. Melepaskan kekhawatiran yang dirasakan
Hal ini memang tidak mudah dilakukan, tapi Anda perlu untuk belajar melepaskan kekhawatiran yang dirasakan setiap kali akan pergi tidur. Ini bukan berarti Anda tidak boleh menyelesaikan permasalahan yang ada, tapi biasakan untuk memikirkan hal tersebut di luar waktu tidur.

Sebagai contoh, ketika Anda sedang banyak pikiran karena urusan pekerjaan atau masalah rumah tangga, usahakan untuk tidak membawanya ke tempat tidur, ya.

Pada 30 menit hingga 1 jam sebelum waktu tidur, cobalah untuk menenangkan diri dengan melakukan relaksasi dan kosongkan pikiran dan rasa khawatir di benak Anda.

 

2. Menulis jurnal atau buku harian
Untuk meringankan beban pikiran, Anda bisa coba curhat ke orang terdekat, misalnya pasangan, teman, atau kerabat Anda. Namun, jika sulit mencari teman bicara, cobalah tulis unek-unek atau permasalahan yang sedang Anda hadapi ke dalam buku harian.

Hal ini bisa membantu menenangkan perasaan dan emosi Anda, serta meringankan beban pikiran yang mungkin selama ini kerap mengganggu.

 

3. Mendengarkan podcast
Menjelang waktu tidur, cobalah matikan lampu kamar, lalu dengarkan podcast yang membahas hal-hal ringan dan Anda sukai. Ini dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari pikiran-pikiran yang membuat Anda stres.

Jika tidak ingin mendengar podcast, Anda bisa menyetel lagu favorit atau musik yang bernuansa lembut, sehingga Anda bisa lebih mudah tertidur.

 

4. Mengelola stres dengan baik
Banyak pikiran ketika akan tidur bisa memicu Anda mengalami stres. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengelola stres dengan baik. Caranya bisa dengan melakukan relaksasi menjelang waktu tidur, seperti dengan melatih pernapasan atau bermeditasi.

 

5. Membuat jadwal waktu tidur
Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Saat sedang banyak pikiran dan susah tidur, cobalah untuk belajar menerapkan sleep hygiene guna membentuk rutinitas waktu dan kebiasaan tidur yang sehat.

Cara menerapkan sleep hygiene bisa dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman, tidak bermain gadget menjelang tidur, membatasi waktu tidur siang, membatasi konsumsi minuman berkafein di sore dan malam hari, hingga tidur dan bangun pada jam yang sama.

Selain berbagai cara di atas, Anda juga bisa mencoba melakukan hubungan intim menjelang waktu tidur untuk mengatasi stres sekaligus mengatasi susah tidur.

Berbagai riset menunjukkan bahwa orgasme saat berhubungan intim bisa meningkatkan hormon pengusir stres alami, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin, sehingga kualitas tidur pun bisa menjadi lebih baik.

Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan, tapi Anda masih juga sering merasa banyak pikiran, cemas, dan sulit untuk tidur, cobalah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Hal Ini penting untuk dilakukan karena stres dan insomnia yang berlarut-larut bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Terakhir diperbarui: 14 Oktober 2021
Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian

TAG TERKAIT :
Kesehatan Tidur Susah Tidur

Berita Lainnya