Politik

Kasus Formula E, Refly Harun: "Ini Ranah BPK

Anas Baidowi - 14/11/2021 22:43
Refly Harun

Beritacenter.COM - Pakar Hukum Tata Negara Rafly Harun angkat bicara terkait kasus Formula E yang ditangani Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK). Refly Harun meminta KPK tidak bertindak sebagai auditor karena kasus tersebut merupakan wilayah dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

"Ini terkesan KPK sepeti sedang melakukan audit sebuah kegiatan, bukan investigasi korupi. Soal audit kan ranahnya BPK dan setahu saya BPK sudah melakukan audit dan sudah ada hasilnya," kata Refly, Minggu (14/11).

"Saya paham, banyak laporan masyarakat ke KPK. Tapi jangan sampai memunculkan anggapan bahwa ini untuk incar Gubernur Anies. Saya tidak bisa membenarkan dan menyalahkan, namanya imajinasi publik, bisa muncul kapan dan apa saja," lanjut Refly.

Dia mengakui, bahwa politik kerap kali berkelindan dengan penegakan hukum. Menurutnya, itu membahayakan proses demokrasi di Indonesia.

"Lawan politik itu bisa dihabisi dengan proses hukum. Apalagi, kini KPK bisa mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3)," ujarnya.

 

TAG TERKAIT :
KPK Gubernur DKI Jakarta BPK Refly Harun

Berita Lainnya