Politik

DPRD DKI Usul Dana Dapil Rp 49 M, Untuk Apa?

Lukman Salasi - 15/11/2021 14:35

BeritaCenter.COM – Masyarakat DKI Jakarta dibuat bertanya-tanya dengan DPRD DKI Jakarta yang mengusulkan rancangan anggaran rencana kinerja tahunan (RKT) tahun 2022 untuk kunjungan ke dapil sebesar Rp 49 miliar. Untuk apa saja dana sebanyak itu?

Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan dana kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program pemda DKI ke masyarakat.

"Sebenarnya ini lebih pada tataran pendekatan anggota dewan kepada warga untuk menyampaikan suatu program pemerintah daerah. Kedua sekaligus menyerap persoalan-persoalan masyarakat," kata Gembong dikutip BeritaCenter, Minggu (14/11/2021).

Gembong menyatakan kunjungan dapil merupakan program baru dianggarkan di tahun 2022. Dana Rp 49 miliar itu dihitung melalui kebutuhan teknis kunjungan ke dapil-dapil meliputi sewa tenda hingga ATK. Jika diakumulasikan, totalnya masing-masing anggota dewan mendapatkan jatah Rp 40 juta dalam sekali kunjungan.

 

"Sewa tenda, konsumsi, ATK, dan sebagainya. Biasanya gitu. Kemudian untuk fotokopi hal-hal yang perlu disampaikan ke masyarakat. Komponen angka Rp 40 (juta) itu di sekwan, karena ini ada cost maka komponen tau persis sekwan," jelasnya.

Menurut Gembong, anggota dewan tak diwajibkan menjalani program ini selama setahun penuh. Dia menyebut seluruh pengeluaran akan diatur melalui sekrerariat DPRD DKI.


"Nggak (wajib). Dialokasikan anggaran, tapi tergantung dewannya mau digunakan atau nggak," terangnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center DPRD DKI Jakarta Usulan Dana Dapil Dana Dapil Rp 49 M

Berita Lainnya