Politik

Fadli Zon Ditegur Prabowo soal Sindiran ke Jokowi, Fahri Hamzah Membela..

Kalau bicara tentang Fadli Zon, kita tak boleh bicara tentang partainya. Karena entitas partai itu dalam penyelenggaraan ruang publik dan pemerintahan baik di eksekutif maupun di legislatif, sebenarnya partai tidak dikenal

Aisyah Isyana - 15/11/2021 17:26
Fahri Hamzah dan Fadli Zon

Beritacenter.COM - Waketum Partai Gelora, Fahri Hamzah, membela Fadli Zon yang ditegur oleh Gerindra lantaran menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menyinggung soal banjir yang terjadi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dalam hal ini, Fahri menilai kritikan Fadli Zon bukanlah atas nama partai. Dia menyebut seseorang yang duduk di posisi legislatif ataupun eksekutif, sejatinya tak terikat dengan partai.

"Kalau kita bicara tentang Fadli Zon, kita tak boleh bicara tentang partainya. Karena entitas partai itu dalam penyelenggaraan ruang publik dan pemerintahan baik di eksekutif maupun di legislatif, sebenarnya partai tidak dikenal," ujar Fahri, kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Fahri menilai, Fadli Zon melemparkan kritikan sebagai wakil rakyat. ""Begitu orang menjadi wali kota, bupati, gubernur, presiden, biasanya partainya sudah lepas," jelasnya.

"Demikian pula seharusnya kalau seorang sudah menjadi wakil rakyat, dipilih oleh rakyat, memang dicalonkan oleh partai politik, dipilih oleh rakyat. Digaji oleh rakyat, diberi fasilitas oleh rakyat, maka konsep kita untuk menilainya adalah penilaian sebagai wakil rakyat," ujarnya.

Menurutnya, partai politik seharusnya tak boleh menggangu seorang wakil rakyat, terlebih saat menyuarakan aspirasi rakyat. "Soal subjektivitas partai politik, harusnya tak boleh mengganggu seorang wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat dan digaji oleh rakyat, di dalam menjalankan amanahnya," jelasnya.

"Sejauh dia bekerja untuk rakyat, menyuarakan aspirasi rakyat, menjalankan fungsi-fungsi kedewanannya sesuai dengan aspirasi rakyat khususnya di daerah pemilihannya, ya maka dia harus terus didukung," imbuh Fahri.

Sekedar diketahui, anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra, Fadli Zon, sempat ditugur Partai Gerindra lantaran menyindir Presiden Jokowi dengan menyinggung soal banjir Sintang. Ketua Umum Parta Gerindra, Prabowo Subianto, disebut menegur Fadli Zon lewat Sekjen Partai.

"Pak Prabowo melalui Pak Sekjend," kata juru bicara Gerindra, Habiburokhman, kepada wartawan, menjawa pertanyaan apakah Prabowo menegur langsung Fadli Zon, Minggu (14/11).

Sementara bagimana Prabowo menegur Fadli Zon via Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani, disebut Habiburokhman melalui lisan. "Lisan saja," jelasnya.

Sementara soal sindiran Fadli Zon, Habiburokhman menyebut pernyataan Fadli Zon menyindir Jokowi soal banjir Sintang itu merupakan sikap pribadinya. Dia memastikan hal itu tak terkait sikap fraksi Gerindra DPR RI.

"Soal tweet Pak Fadli Zon soal Sintang, kami perlu meluruskan jika statement tersebut tidak mewakili fraksi ataupun partai," kata Habiburokhman.

Lebih lanjut, Gerindra menghaturkan permintaan maaf ke semua pihak yang merasa tak nyaman dengan pernyataan Fadli Zon. Gerindra juga mengaskan pihaknya telah memberikan teguran ke Fadli Zon.

"Kepada beliau sudah diberikan teguran dan kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan," ujar Habiburokhman.

TAG TERKAIT :
Politik Fahri Hamzah Gerindra Fadli Zon Partai Gelora Fadli Zon Sindir Jokowi

Berita Lainnya