Kesehatan

Simak ! Ini 7 Bahan Alami yang Bisa Usir Nyamuk di Rumah Anda

Baharuddin Kamal - 18/11/2021 01:00

Beritacenter.COM - Bunda, keberadaan nyamuk di rumah tentu menjadi salah satu hal yang sangat menyebalkan, bukan? Tidak hanya dapat menimbulkan rasa gatal akibat gigitannya, serangan nyamuk juga bisa membawa penyakit serius terhadap tubuh kita, seperti malaria dan demam berdarah dengue.

Ada begitu banyak alternatif yang bisa Bunda lakukan untuk mengusir nyamuk di rumah. Seperti penggunaan obat nyamuk bakar, semprotan nyamuk, hingga losion anti nyamuk.

Meskipun dikenal dapat memberikan hasil yang cepat dalam mengurangi serangan nyamuk, namun tahukah Bunda jika penggunaan produk anti nyamuk berbahan kimia tersebut dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan.

Nah, untuk meminimalisir adanya dampak buruk terhadap kesehatan. Bunda dapat mengganti penggunaan produk anti nyamuk berbahan kima tersebut dengan bahan-bahan alami.

Tenang saja Bunda, bahan-bahan alami ini juga dikenal ampuh kok dalam mengusir dan mencegah gigitan nyamuk. Penasaran apa saja? Melansir Health Line, berikut tujuh bahan alami yang ampun untuk mengusir nyamuk.

1. Minyak kayu putih lemon
Sudah ada sejak tahun 1940, minyak kayu putih lemon merupakan salah bahan alami yang terkenal ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk.

Melansir Medical News, berdasarkan temuan penelitian lapangan dan laboratorium menunjukkan bahwa minyak kayu putih lemon efektif untuk melindungi terhadap beberapa spesies nyamuk pembawa penyakit malaria serta nyamuk demam kuning.

Tidak hanya itu, sebuah studi tahun 2014 juga mengungkapkan bahwa campuran minyak kayu putih lemon sebanyak 32 persen dapat memberikan perlindungan lebih dari 95 persen terhadap gigitan nyamuk selama 3 jam.

2. Lavender
Bahan alami yang satu ini, sudah tidak usah diragukan lagi ya Bunda manfaatnya. Sebuah penelitian pada hewan dan tikus yang tidak berbulu menemukan fakta bahwa, minyak lavender efektif untuk mengusir nyamuk berukuran besar.

Tidak hanya itu, kandungan analgesik, anti-jamur, dan antiseptik yang terdapat dalam minyak lavender juga bermanfaat untuk menenangkan dan menyejukkan kulit.

3. Serai
Selain dikenal sebagai salah satu bahan pelengkap masakan, serai juga ternyata ampuh dalam mencegah gigitan nyamuk lho Bunda. Bunda bisa memilih pengharum ruangan dengan aroma ini untuk mengusir nyamuk di rumah.

Dalam sebuah studi tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa kombinasi minyak esensial serai dan minyak zaitun dapat memberikan perlindungan sekitar 98,8 persen terhadap gigitan nyamuk.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa, aplikasi topikal minyak esensial serai memberikan perlindungan sekitar 74-95 persen selama 2,5 jam terhadap dua jenis nyamuk.

4. Peppermint
Bunda juga bisa menyalakan diffuser dengan aroma essential oil di rumah. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa minyak esensial peppermint efektif melawan jentik nyamuk.
Selain itu, aroma peppermint juga memberikan perlindungan 100 persen terhadap gigitan nyamuk berukuran besar hingga 150 menit.

5. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh atau dikenal sebagai minyak melaleuca, merupakan minyak esensial yang populer dari Australia. Minyak pohon teh dikenal karena sifat antiseptik, anti-mikroba, dan anti-inflamasinya. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat menjadi obat nyamuk yang efektif.

6. Geraniol
Geraniol adalah sejenis alkohol yang biasa digunakan sebagai pewangi atau perasa. Geraniol berasal dari minyak tumbuhan seperti serai dan mawar.

Sebagai salah satu bahan alami yang dapat mencegah gigitan nyamuk, geraniol mampu memberikan perlindungan selama dua hingga empat jam.

7. Minyak kayu manis
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu manis efektif untuk membasmi telur nyamuk dan nyamuk yang berukuran besar. Tidak hanya itu, minyak kayu manis dapat memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk hingga satu setengah jam.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kesehatan Bahan Alami Usir Nyamuk

Berita Lainnya