Kesehatan

Pemerintah Mulai Lakukan Uji Klinik Vaksin COVID-19 yang Akan Jadi Booster

Lukman Salasi - 19/11/2021 08:57

BeritaCenter.COM – Booster atau dosis ketiga Vaksin COVID-19 di Indonesia akan diberikan pada awal 2022. PT Bio Farma (Persero) mengatakan harus lebih dulu melakukan uji klinik terhadap vaksin yang akan digunakan.

Vaksin Sinovac menjadi salah satu jenis vaksin yang akan diberikan sebagai booster atau dosis ketiga pada awal 2022 nanti. Untuk itu, akan dilakukan uji klinik dengan menggandeng perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

Uji klinik ini dilakukan untuk menentukan kadar efikasi Sinovac sebagai sebagai vaksin booster.

"Terkait booster memang baru akan dilakukan (uji klinik) di Januari 2022. Kita akan kerja sama dengan Sinovac untuk melakukan studi efikasi dosis booster, paling cepat tahun depan dilaksanakan," kata Kepala Bagian Operasional Pelayanan PT Bio Farma dr Erwin Setiawan dalam webinar daring, Kamis (18/11/2021).

Sebelumnya, pihak Sinovac sudah melakukan uji klinik sebagai booster di China. Hasilnya, ternyata cukup baik, karena pemberian vaksin booster ini berdampak pada peningkatan imunitas yang cukup tinggi dalam melawan virus Corona.

Selain Sinovac, kata Erwin, pihaknya juga tengah bekerjasama dengan Sinopharm untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Jika pemberian vaksin booster Sinovac dan Sinopharm sudah mendapat persetujuan, ketersediaan vaksin Corona tidak akan terhambat.

"Rencana vaksinasi booster, kita akan mengoptimalkan kerjasama dengan Sinovac untuk meningkatkan kapasitas produksi yang sudah kita miliki," ujarnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Vaksin Covid-19 PT Bio Farma Booster Vaksin COVID-19 Uji Klinik

Berita Lainnya