Kesehatan

Pakar Biologi Ini Tuding WHO Keliru soal Teori COVID-19 Bocor dari Lab

Aisyah Isyana - 22/11/2021 14:48
Wuhan Institute of Virology

Beritacenter.COM - WHO dituding keliru soal teori virus COVID-19 berasal dari lab. Dimana riset terbaru menyebutkan dugaan virus COVID-19 berasal dari pasar di Wuhan, China. Pakar biologi evolusioner dari Universitas of Arizona, profesor Michael Worobey, mempublikasikan riset terbaru di jurnaL Science, dimana dia meragukan teori COVID-19 bocor dari laboratorium.

Guna menyelidiki asal virus, Worobey meneliti data rumah saki, berita, dan kasus-kasus awal virus Corona. Dia juga memeriksa rekaman audio-video para dokter, manajemen rumah sakit dan sejumlah pasien awal Corona, atas nama Zhang Jixian, Xia Wenguang, Wei Guixian, Chen Honggang, Ai Fen dan Yuan Yufeng, seperti dilansir News,com, Minggu (21/11/2021).

Menurutnya, kasus pertama Corona adalah perempuan penjual seafod di pasar. Untuk itu, dia membantah adanya analisa WHO yang menyebut bahwa kasus pertama adalah akuntan pria berusia 41 tahun.

Pasalnya, pria yang disebut WHO itu tinggal 30 km dari Pasar Huanan dan Worobey sangat yakin dia tak ada kaitannya. Menurutnya, pasien pertama mulai bergejala tanggal 16 Desember, bukan 8 Desember yang sempat dilaporkan WHO.

Warobey mengaku yakin lantaran pernyataannya turut didukung data rumah sakit. Dia menilai, kekacauan data terjadi lantaran pria itu masuk IGD tanggal 8 Desember, namun karena masalah gigi. Dia diduga tertular COVID-19 saat di RS atau kendaraan umum saat akan pulang ke rumahnya.

Untuk itu, Worobey mengaku yakin jika kasus pertama COVID-19 adalah perempuan penjual seafood yang bergejala pada 11 Desember. Worobey menilai, kasus si pria itu didorong hanya untuk menaikkan narasai kebocoran lab, padahal si pria itu tidak pergi ke pasar.

"Ini mengarah pada klaim pandemi dimulai di fasilitas BSL4 di Wuhan Institute of Virology, karena dekat dengan rumah dan belanja pria tersebut. Ternyata dia cuma punya masalah gigi pada 8 Desember," jelas Worobey.

Lebih lanjut, Worobey yakin kasus awal Corona berasal dari Pasal Huanan yang merupakan pasar hewan hidup. Dalam hal ini, Worobey adalah pendukung teori virus alami, dan kontrea terhadap teori virus buatan.

Menanggapi adanya teori Worobey, WHO melalui Dirjen WHO, Terdros Adhanom Ghebreyesus, tak akan terburu-buru mengesampingkan teori lab bocor di Wuhan. Dia mendesak China untuk lebih kooperatif lagi memberikan akses data mentahnya, guna mengusut asal muasal virus COVID-19.

TAG TERKAIT :
WHO Wuhan China VIRUS COVID-19 Asal Muasal Virus Corona Teori Corona Karena Kebocoran Lab

Berita Lainnya