Nasional

Begini Penjelasan Pemprov NTB soal Anjing di Sirkuit Mandalika Mati Mendadak

Lukman Salasi - 23/11/2021 15:34
Anjing liar di area sirkuit Mandalika.

BeritaCenter.COM – Pemprov NTB buka suara perihal sejumlah anjing liar di sekitar area sirkuit Mandalika mati mendadak. Ditegaskan bahwa kematian anjing tersebut bukan karena diracun.

"Kami kemarin memang monitor ke lokasi, kami koordinasi dengan Lombok Tengah, rencana memang mau menggunakan racun tapi kan tidak boleh. Sehingga langkah kami hanya menghalau saja agar tidak masuk ke dalam area Mandalika," tegas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Khairul Akbar, Selasa (23/11/2021).

Khairul mengaku upaya menghalu anjing liar agar tidak masuk area Mandalika adalah inisiatif pribadi dari pihaknya.

"Tidak ada perintah khusus Gubernur terkait itu. Kami inisiatif sendiri dari dinas untuk menghalau anjing atau hewan lain agar tidak masuk ke dalam areal," tuturnya.

Menurut Khairul, pihaknya pernah menangkap anjing sebanyak 200 ekor yang kemudian diamankan di shelter. Namun, anjing-anjing tersebut dilepas kembali karena tidak ada ketersediaan makanan.

"Dulu pernah kita tangkap 200 ekor disimpan di shelter tapi di lepas lagi karena tidak ada makanan. ITDC juga tak dapat tanggapan baik setelah mereka mengganti manajemen yang baru waktu itu. Kami pernah mau minta bantuan ITDC, tapi mereka dingin dan tidak mau beri tanggapan," tutur Khairul.

Khairul mengatakan, sejak beredarnya kabar sejumlah anjing liar yang ditemukan mati, pihaknya belum mengambil sampel.

"Tidak ada (sampel), karena jauh, kalaupun kami ke sana anjingnya sudah tidak ada mungkin. Tidak ada sampel yang diambil," tuturnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Anjing Mati Mendadak Pemprov NTB Anjing Liar Area Sirkuit Mandalika

Berita Lainnya