Kesehatan

Ma'ruf Amin: Selain Masalah Gizi, Penyakit Stroke-Diabetes Meningkat di Indonesia

Lukman Salasi - 23/11/2021 16:12
Ma'ruf Amin, Wakil Presiden RI

BeritaCenter.COM – Indonesia menghadapi masalah kurang gizi dan sejumlah penyakit lainnya. Penyakit stroke hingga kanker mengalami peningkatan di Indonesia.

"Selain permasalahan gizi kurang, Indonesia juga mengalami peningkatan kasus penyakit degeneratif, seperti stroke, jantung, kanker, dan diabetes. Peningkatan penyakit tidak menular ini salah satunya disebabkan oleh pola konsumsi makanan dengan gizi lebih dan tidak seimbang. Masalah obesitas, baik pada kelompok usia anak-anak, remaja, maupun usia dewasa, perlu segera ditangani," kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sambutannya di acara Pertemuan Tahunan Percepatan Perbaikan Gizi secara virtual, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, tingginya prevalensi anemia pada ibu hamil juga mendapat sorotan dari Ma’ruf Amin. Ia mengatakan perlu dilakukan antisipasi.

"Masih tingginya prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia. Bila tidak kita antisipasi, hal ini dapat meningkatkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, serta menurunkan kualitas bayi yang dilahirkan," sebutnya.

Untuk itu, kata Ma’ruf, investasi di bidang nutrisi perlu dilakukan. Dia mengatakan investasi di bidang nutrisi akan menghasilkan keuntungan 30 kali lipat.

Selain itu, kata Ma'ruf, Indonesia telah melakukan gerakan percepatan gizi sejak tahun 2011. Pemerintah terus menguatkan kerangka regulasi untuk percepatan gizi dan percepatan pembangunan.

"Sebagai bentuk dari komitmen tersebut, pemerintah terus melakukan berbagai upaya penguatan, mulai dari penguatan kerangka regulasi, kerangka intervensi, kerangka pendanaan, serta kerangka pemantauan dan evaluasi," jelasnya.

"Selama 10 tahun terakhir, upaya percepatan perbaikan gizi menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Dari tahun 2013 hingga 2019, prevalensi stunting telah turun sebesar hampir 10%, sementara penurunan prevalensi wasting mendekati 5%," lanjut Ma'ruf.

TAG TERKAIT :
Berita Center Penyakit Jantung Ma'ruf Amin Meningkat Gizi Kurang Penyakit Storek Panyakit Diabetes

Berita Lainnya