Kriminal

Bawa Kabur Laptop Senilai Rp67 Juta, Dua Kurir Ojol di Tangsel Ditangkap Polisi

Baharuddin Kamal - 24/11/2021 16:00
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Polisi berhasil menangkap dua kurir ojek online (ojol) yang membawa kabur sebuah laptop senilai Rp67 juta. Kedua pelaku diketahui berinisial RR dan HS.

"Kedua tersangka ditangkap di tempat berbeda RR di Ciledug, Tangerang Selatan dan HS ditangkap di Jembatan Besi Tambora, pada 21 November," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Dia mengatakan, kasus ini bermula saat korban bernama untung melakukan order sejumlah laptop dari situs belanja online dengan total transaksi Rp 67 juta. Laptop tersebut kemudian dikirim via ojek online.

Namun, laptop yang dipesan tak kunjung datang. Untung pun mengonfirmasi kepada pihak penjual dan mendapat informasi barang telah dikirim. Untung kemudian melaporkan kasus ini ke polisi.

Zulpan mengungkapkan, penggelapan dilakukan oleh pihak kurir dan akun ojol kurir sebagai pihak pengantar ternyata palsu. Pelaku menggunakan akun dengan identitas berbeda untuk mengelabui pihak penjual dan pembeli.

"Mereka (kedua pelaku) kerjasama HS minta bantuan ke RR cari akun ojek yang dijual pemiliknya, kemudian RR beli akun itu dan dapat wajah untuk verifikasi login di akun driver gojek. Kemudian setelah dapat orderan barang elektronik, mereka tidak antar tapi digelapkan," jelas Zulpan.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal berlapis, yakni 28 ayat 1 juncto 45 ayat 1 UU ITE dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

"Jadi berhati-hati dalam pembelian dengan aplikasi seperti ini dicek betul agar tidak jadi korban penipuan yang sama. bila merasa jadi korban, silakan lapor polisi," pesan Zulpan.

TAG TERKAIT :
POLISI Berita Kriminal Indonesia Berita Center Tangerang Selatan Kurir Ojol

Berita Lainnya