Nasional

Terungkap ! Ini Tujuan Menlu Prancis Temui Menhan Prabowo...

Baharuddin Kamal - 24/11/2021 18:30
Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo dan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian.

Beritacenter.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. Dalam pertemuan itu, Le Drian yang juga mantan Menhan Prancis ini membawa tema-tema penting.

Salah satu tema penting itu yakni mengenai strategi Indo-Pasifik Prancis dalam menegakkan peraturan dan hukum internasional. "Jean-Yves Le Drian akan membahas implementasi strategi Indo-Pasifik Prancis dan Eropa dalam mendukung ruang bebas, terbuka, dan berdasarkan penghormatan terhadap hukum internasional dan multilateralisme," sebut sebuah keterangan resmi dikutip Selasa, (23/11/2021).

Meski demikian, berdasarkan sumber terpecaya disebutkan bahwa ada agenda serius yang sedang dikejar oleh Prancis kepada Prabowo. Dilansir dari Straits Times, sumber itu mengatakan bahwa Prancis ingin mengetahui lebih jauh mengenai rencana pembelian 36 unit jet tempur Rafale yang pada Juni lalu telah ditekan dalam letter of intent.

Hal ini disebut-sebut untuk mengurangi kekesalan Prancis terhadap Australia. Negeri Baguette itu kesal lantaran Canberra memutuskan untuk membatalkan pesanan kapal selam nuklir yang sebelumnya sempat disetujui.

Australia sendiri di tengah jalan lebih memilih mengembangkan kapal selam nuklir bersama Amerika Serikat (AS) dalam kerangka aliansi militer AUKUS. "Prancis menggandakan hubungan Indo-Pasifik lainnya, termasuk Indonesia, dalam arti untuk mengimbangi kehilangan Australia," kata sumber yang juga diplomat Indo-Pasifik itu, dikutip Rabu (24/11/2021).

Sementara itu, Prancis juga sempat terlibat untuk "mengamankan" pusaran konflik di Laut China Selatan (LCS) dengan mengirimkan sebuah kapal selam ke wilayah sengketa China dengan sejumlah negara ASEAN ini. China mengklaim 90% wilayah lautan itu.

TAG TERKAIT :
Berita Center Prabowo Subianto Menteri Pertahanan Menlu Prancis Le Drian

Berita Lainnya