News

Kian Memanas, Massa Demo Buruh di Patung Kuda Nyalakan Flare

Aisyah Isyana - 25/11/2021 13:57

Beritacenter.COM - Aksi demontrasi massa buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, diwarnai aksi menyalakan flare. Pantauan pukul 11.20 WIB, massa buruh tampak masih terus berdatangan secara berkonvoi dari arah Jl Medan Merdeka Selatan.

Massa buruh itu merupakan massa gabungan dari berbagai elemen, seperti KSPSI AGN, Federasi Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, dan KSPI. Massa tampak berkerumun di lokasi aksi, sembari mengangkat bendera dan poster tuntutan.

Tampak salah satu poster bertuliskan tuntutan agar upah buruh tidak tindas. Ada juga yang bertulis meminta agar UU Cipta Kerja dicabut. "Menyengsarakan rakyat= pengkhianat bangsa. Cabut UU Cipta Kerja sekarang juga," tulis salah satu poster.

"Biarlah cintaku yang kandas. Asal jangan upahku yang kau tindas," isi tulisan poster lain.

Para buruh yang datang juga tampak menyalakan flare berwarna hijau dan abu-abu. Massa aksi dan mobil komando terpantau bergerak maju mendekati kawat berduri yang dipasang polisi.

Semetara pihak kepolisian dengan alat pelindung diri (APD) tampak berjaga di disekitar lokasi aksi. Tampak pula dua mobil water cannon yang bersiaga dibelakang kawat duri yang dipasang.

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa massa buruh yang digelar di kawasan Patung Kuda terpantau mulai memanas. Massa aksi menabrakkan mobil komando ke kawat berduri yang menutup jalan menuju Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebelumnya, massa aksi demo memulai aksinya sekira pukul 10.31 WIB, Kamis (25/11). Namun, aksi mereka terhenti lantaran akses jalan menuju MK ditutup polisi dengan kawat berduri. Massa aksi tetap meminta untuk bisa mengelar aksi di depan MK, dan mendesak agar polisi membuka kawat berdiri. Mereka menabrak kawat berduri dengan mobil komando.

"Kita mau orasi damai di depan MK. Kawat duri ini buka, karena kami mau orasi di depan MK," kata orator di mobil komando.

TAG TERKAIT :
Demo Buruh Buruh UU Cipta Kerja Buruh Demo di Patung Kuda Massa Aksi Buruh

Berita Lainnya