Ekonomi

Jangan Salah Pilih, Ini yang Harus Dipertimbangkan Jika Anda Ingin Beli Mobil Baru

Baharuddin Kamal - 25/11/2021 16:30
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Memiliki mobil pribadi tentu menjadi impian sejumlah orang. Mobil sendiri saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat, karena kegunaannya yang multifungsi. Hal itu membuat masyarakat mulai menabung hingga mencicil agar bisa membeli mobil.

Yang perlu anda ketahui sebelum membeli mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena, salah memilih kendaraan maka pengguna kendaraan bisa saja menyesal, sehingga pemanfaatannya kurang optimal. Melansir dari berbagai sumber, lima hal ini perlu diperhatikan agar tidak salah pilih mobil.

1. Sesuai Kebutuhan
Jika membutuhkan mobil keluarga, maka pertimbangkan jenis mobil dengan kapasitas cukup besar sehingga bisa memuat beberapa orang sekaligus di dalamnya, seperti untuk mengajak teman atau keluarga. Jika ditujukan untuk melaju kencang atau menaklukkan medan tertentu, maka pilihlah mobil dengan spek mesin yang tinggi atau mobil yang dikhususkan melintasi medan tertentu.

2. Faktor Keamanan
Hal keamanan jadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan. Pilihlah mobil dengan pintu dan kaca jendela yang memiliki sistem penguncian otomatis agar lebih aman dan berjaga jika lupa mengunci mobil. Selain itu, pilihlah mobil yang sudah memiliki sistem airbag atau sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Dengan begitu, faktor keselamatan sudah dapat terjamin dalam mobilmu.

3. Mesin
Mesin yang optimal jadi kunci mobil bisa melaju dengan baik. Biasanya kapasitas mesin ini dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, seperti 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan lainnya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin, maka akan semakin besar pula tenaga yang bisa dihasilkan mobil.

4. Fitur
Selain berguna untuk mendukung penggunaan mobil dalam keseharian, fitur-fitur yang ada dalam mobil ini juga dapat menjadi faktor kenyamanan dalam perjalanan. Fitur seperti tv dan radio untuk hiburan, mirror system untuk memudahkanmu parkir, hingga konektivitas untuk gadget bisa jadi pertimbanganmu.

5. Harga
Selalu sesuaikan harga dengan budget keuanganmu. Dengan menentukan anggaran membeli mobil, maka akan mempermudah kamu dalam menghitung biaya lainnya, seperti biaya pemeliharaan serta dan pengeluaran harian di masa mendatang, karena setiap mobil memiliki biaya perawatan yang berbeda-beda, tergantung pada faktor suku cadang, bensin, servis bulanan, dan lain sebagainya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Mobil Baru

Berita Lainnya