Kesehatan

Simak Nih! Penjelasan Mengenai Corona Varian Omicron yang Menggemparkan Dunia

Lukman Salasi - 29/11/2021 14:07

BeritaCenter.COM – Sejumlah negara di Afrika, Eropa dan Asia dihebohkan dengan corona varian baru, yaitu Omicron. Varian Omicron ini telah menyebar ke banyak negara.

Berdasarkan laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Omicron ditemukan di Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Menurut Dr Mike Tildesley, Member of Scientific Pandemic Influenza Modelling (Spi-M), varian ini banyak menyebar dan menginfeksi populasi di Afrika Selatan karena masyarakat yang divaksin baru sekitar 24% dari total populasi Afrika Selatan.

Nama Omicron sendiri diambil dari huruf ke-15 dari alfabet Yunani. Varian Omicron diberikan inisial B.1.1.529 yang artinya virus ini masih bermutasi.

WHO mengklasifikasikan varian ini sebagai varian yang perlu menjadi perhatian. Artinya, varian ini adalah kategori teratas dari varian COVID-19 yang mengkhawatirkan berdasarkan WHO.

Selain itu, varian ini memiliki koleksi mutasi yang mencengangkan yang diperkirakan meningkatkan kemampuannya untuk menyebar.

Para ahli mengatakan sangat mengkhawatirkan varian Omicron yang muncul ini, sebab disebut-sebut lebih 'ganas' dibandingkan varian lain yang sudah ada.

Pejabat WHO juga mengatakan dalam pernyataan bahwa bukti awal menunjukkan Omicron juga menimbulkan risiko infeksi ulang yang lebih tinggi, dibandingkan dengan varian kekhawatiran lainnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Afrika selatan WHO Corona Varian B.1.1.529 Corona Varian Omicron Varian Omicron Menggemparkan

Berita Lainnya