Nasional

Waspada! Varian Omicron Lebih Bahaya Daripada Varian Delta, Ini Buktinya

Lukman Salasi - 29/11/2021 15:06

BeritaCenter.COM – Kini muncul varian baru dari COVID-19 yang disebut-sebut lebih berbahaya dari varian Delta, yaitu B.1.1.529 atau dikenal dengan nama Omicron.

Berdasarkan laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Omicron pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada 24 November 2021. Varian ini banyak menyebar di Afrika Selatan dan sudah masuk ke sejumlah negara seperti Hong Kong, Belgia, Inggris, Jerman sampai Italia.

Sebuah studi menggambarkan bahwa varian Omicron lebih berbahaya jika dibandingkan dengan varian Delta.

Dalam studi yang dilakukan dan dipublikasikan oleh Rumah Sakit Bambino Gesu di Roma, Italia, para peneliti menyediakan 'gambar' tiga dimensi yang mirip seperti peta.

Menurut tim peneliti, dari gambar di atas ini terlihat bahwa varian Omicron menghasilkan lebih banyak mutasi daripada varian Delta.

"Kita dapat dengan jelas melihat bahwa varian Omicron menghadirkan lebih banyak mutasi daripada varian Delta, yang terkonsentrasi di atas semuanya dalam satu area protein yang berinteraksi dengan sel manusia", kata tim peneliti dalam sebuah pernyataan, dikutip dari France 24, Senin (29/11/2021).

WHO mengklasifikasikan varian ini sebagai varian dengan kategori teratas dari varian COVID-19 yang mengkhawatirkan.

Pejabat WHO juga mengatakan dalam pernyataan bahwa bukti awal menunjukkan Omicron juga menimbulkan risiko infeksi ulang yang lebih tinggi, dibandingkan dengan varian kekhawatiran lainnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Varian Delta Varian Omicron Corona Varian Omicron Lebih Berbahaya Waspda

Berita Lainnya