Nasional

Tenang! Corona Varian Omicron Belum Terdeteksi di Indonesia

Lukman Salasi - 29/11/2021 15:32
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunandi Sadikin.

BeritaCenter.COM – Corona varian B.1.1.529 atau dikenal dengan nama Omicron telah menyebar ke sejumlah negara. Omicron yang pertama ditemukan di Afrika Selatan ini telah terdeteksi di Australia, Hong Kong, Inggris, Israel, Belgia, Italia, Jerman dan Republik Ceko. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunandi Sadikin menegaskan untuk saat ini Indonesia belum mendeteksi adanya varian Omicron tersebut.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini," ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers di kanal Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, dikutip BeritaCenter, Senin (29/11/2021).

Pemerintah, lanjut Menkes, akan memperketat pengawasan di pintu masuk Indonesia.

"Kita akan pastikan semua kantor karantina pelabuhan di udara, laut, dan darat bekerja dengan keras. Kebijakan kita semua kedatangan internasional akan kita tes PCR, kalau positif genome sequence," tambahnya.

Sebagai informasi, sebuah studi menggambarkan bahwa varian Omicron lebih berbahaya jika dibandingkan dengan varian Delta.

Para peneliti di Rumah Sakit Bambino Gesu di Roma, Italia, menyediakan 'gambar' tiga dimensi yang mirip seperti peta. Menurut tim peneliti, dari gambar itu terlihat bahwa varian Omicron menghasilkan lebih banyak mutasi daripada varian Delta.

"Kita dapat dengan jelas melihat bahwa varian Omicron menghadirkan lebih banyak mutasi daripada varian Delta, yang terkonsentrasi di atas semuanya dalam satu area protein yang berinteraksi dengan sel manusia", kata tim peneliti dalam sebuah pernyataan, dikutip dari France 24, Senin (29/11/2021).

Pejabat WHO juga mengatakan dalam pernyataan bahwa bukti awal menunjukkan Omicron juga menimbulkan risiko infeksi ulang yang lebih tinggi, dibandingkan dengan varian kekhawatiran lainnya.

TAG TERKAIT :
Berita Center Menkes Corona Varian Omicron Belum Terdeteksi

Berita Lainnya