Kesehatan

Naik ke Peringkat 4 Dunia, Indonesia Lampaui Brasil Capaian Vaksinasi COVID-19

Aisyah Isyana - 10/01/2022 17:11

Beritacenter.COM - Vaksinasi terhadap masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia masih terus meningkat setiap harinya. Hingga saat ini, capaian vaksinasi Corona (COVID-19) di Indonesia telah naik ke peringkat ke-empat dunia, dengan jumlah vaksinasi hampir 70%.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagaimana dalam siaran pers-nya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022), menyebut Indonesia telah melampaui Brasil dari sisi jumlah rakyat yang telah mendapat vaksinasi COVID-19.

"Alhamdulillah minggu ini Indonesia berhasil naik ke peringkat ke-4 dunia melampaui Brasil dari sisi jumlah rakyat yang divaksinasi. Kita bisa menembus angka 169 rakyat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama. Melampaui Brasil yang 166 juta," kata Menkes Budi.

Menurutnya, posisi Indonesia berada dibawah China, India, dan Amerika Serikat (AS), dengan status vaksinasi per-kemarin mencapai 288 juta dosis.

"Kita ada bawah China, 1,2 miliar, India 880 juta dan Amerika Serikat 246 juta. Status per kemarin, jumlah vaksinasi yang sudah diberikan 288 juta dosis untuk sekitar 170 juta dari dosis pertama, dan 116 juta untuk dosis kedua," jelas Menkes Budi.

Lebih lanjut, Budi menyebut vakasinasi COVID-19 di Indonesia telah hampir 70%, dimana masih ada sisa lima provinsi lagi yang masih belum memenuhi target vaksinasi 70%.

"Dan khusus untuk vaksinasi ini, sudah hampir seluruh provinsi mencapai 70%. Yang minggu lalu masuk provinsi Aceh dan provinsi Kalimantan Barat. Tinggal ada lima provinsi lagi yang belum mencapai 70%. Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
Kemenkes Virus Corona Vaksin Corona Pandemi COVID-19 Vaksinasi Covid-19

Berita Lainnya