Politik

Nama Ini Bisa Kalahkan Prabowo di Pilpres 2024

Lukman Salasi - 12/01/2022 15:41
Prabowo Subianto

BeritaCenter.COM - Pemilihan Presiden memang masih lama, namun sejumlah nama digadang-gadang akan maju dan bersaing di Pilpres 2024. Bahkan telah muncul relawan yang mengusung dan mendukung sejumlah nama sebagai capres 2024.

Prabowo Subianto sendiri dipastikan akan diusung kembali oleh Gerindra. Secara tegas Gerindra memastikan Prabowo sebagai satu-satunya capres yang akan diusung.

Nama lain yang yang didorong sebagai capres adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar ini banyak didorong oleh sejumlah relawan di berbagai daerah. Ada kelompok yang menamakan diri sebagai Ganjarist (Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu). Kemudian ada relawan SIGAP (Siap Ganjar Presiden) yang menyatakan dukungannya kepada Ganjar sebagai Capres 2024.

Selain Prabowo dan Ganjar, ada satu nama lagi yang didukung maju di bursa Pilpres 2024 nanti, yaitu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies didukung oleh sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), Aliansi Pendukung Anies (AWPA) dan Gerakan Bersama Anies Kami Siap (Beraksi). 

Hasil Suvei

Lalu bagaimana dengan hasil survei terkait ketiga nama tersebut? Sejumlah lembaga survei telah memotret nama-nama tersebut. Hasilnya sebagian besar menempatkan nama Prabowo Capres terkuat di Pilpes 2024. Namun, dua nama lainnya menempel ketat dan sangat potensial mengalahkan Prabowo di Pilpres nanti.

Pada Desember 2021, Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil surveinya yang menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi. Nomor dua dan tiga diisi oleh Ganjar dan Anies.

Survei Indikator pada awal bulan Januari 2022 ini juga menunjukkan Prabowo Subianto dengan elektabilitas teratas dengan angka 24,1 persen. Disusul Ganjar dengan 20,8 persen dan Anies Baswedan 15,1 persen.

Namun di survei lainnya, Ganjar Pranowo berada di nomor wahid menyalip Prabowo.  Ini berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia. Ganjar mendapat 25,8 persen. Prabowo 22,3 persen dan Anies 17,7 persen.

Ganjar berada di posisi teratas juga ditunjukkan oleh hasil survei Poltracking. 22,9 persen responden memilih Ganjar sebagai Presiden 2024. Prabowo dengan 20,0 persen. Anies hanya 13,5 persen.

Ganjar lagi-lagi menjadi yang terkuat untuk mengalahkan Prabowo di Pilpres 2024. Hal ini juga dibuktikan oleh survei Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC).

Hasil survei SMRC membuktikan bahwa Ganjar Pranowo menjadi capres yang paling disukai responden. Ada 86 persen responden yang menyatakan menyukai Ganjar. Anies di posisi kedua dengan 74 persen. Prabowo sendiri berada di urutan ketiga dengan 71 persen.

TAG TERKAIT :
Berita Center Ganjar Pranowo Prabowo Subianto Hasil survei Capres 2024 Pilpres 2024

Berita Lainnya