Kesehatan

Catat! Ini Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Sebelum-Sesudah Vaksin Booster

Lukman Salasi - 12/01/2022 15:56

BeritaCenter.COM - Booster atau dosis ketiga vaksin COVID-19 sudah diberikan kepada masyarakat mulai hari ini, Rabu (12/1/2022). 

Booster  diberikan secara gratis dan diutamakan untuk kelompok rentan terlebih dahulu, seperti lansia atau orang dengan gangguan imun (immunocompromised).

Lalu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah vaksin booster? Berdasarkan keterangan dr. Vito sebagai berikut:

Boleh Dilakukan

1. Menyediakan Waktu

Menurut dr Vito, tidak sedikit orang yang merasakan efek pasca vaksin seperti badan mau flu atau mengantuk. Sebaiknya, ambil cuti setengah hari atau sehari untuk berjaga-jaga.

2. Makan dan Minum Cukup

dr Vito menyarankan untuk sarapan atau makan siang sebelum divaksin booster. Kemudian, konsumsi air secukupnya agar tubuh mendapat asupan makanan dan minuman untuk proses pembentukan kekebalan tubuh.

3. Sediakan/Minum Paracetamol

Jika penerima booster merasakan demam ringan atau merasa nyeri di lengan bekas suntikan vaksin, paracetamol bisa dikonsumsi. Hanya boleh diminum jika ada keluhan setelah divaksin, bukan sebelumnya.

Tidak Boleh Dilakukan

1. Terburu-buru

dr Vito mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terburu-buru saat hendak menerima vaksin booster. Karena bisa berpengaruh pada tensi atau tekanan darah. Masyarakat harus tetap tenang saat menantikan giliran vaksinasi.

2. Bergadang

Tidurlah dengan jam waktu cukup sehingga tubuh tetap fit dan segar saat akan divaksin booster. Jadi, jangan begadang!

3. Minum Kafein atau Minuman Berenergi

Saat akan disuntik booster, jangan minum kafein atau minuman berenergi karena bisa berefek pada tingginya detak jantung.

TAG TERKAIT :
Berita Center Vaksin Booster Dr Vito Sebelum dan Sesudah Vaksin

Berita Lainnya