Kesehatan

Simak ! Ini 5 Ciri-ciri Gejala Awal Kanker Otak

Baharuddin Kamal - 13/01/2022 01:00
Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Sakit kepala dan pusing yang dialami tentunya akan menyebabkan pengidapnya merasa tidak nyaman. Sebaiknya jangan abaikan jika keluhan kesehatan tersebut terjadi dalam waktu beberapa hari dan dirasakan semakin memburuk. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker otak.

Meskipun tidak menyebabkan gejala di awal perkembangannya, kanker otak kerap menyebabkan gejala pada saat sel kanker berkembang. Ada berbagai gejala yang menjadi ciri-ciri kanker otak. Untuk itu, tidak ada salahnya simak ciri-ciri kanker otak yang dapat dialami pengidap kanker otak dalam artikel ini!

Ciri-Ciri Kanker Otak
Kanker otak adalah penyakit yang disebabkan munculnya sel kanker pada sel-sel jaringan dalam otak. Ada berbagai fungsi penting yang dilakukan otak pada tubuh. Otak bertanggung jawab atas semua yang dilakukan oleh tubuh, termasuk masalah penglihatan, pendengaran, ucapan, gerakan, hingga ingatan.

Di awal perkembangannya, kanker otak jarang menyebabkan gejala. Namun, saat sel kanker berkembang dan membesar, kondisi ini dapat menyebabkan tekanan yang menyebabkan munculnya gejala.

Selain itu, jika dibiarkan, perkembangan sel kanker dapat memicu sejumlah komplikasi pada kesehatan, seperti hilang ingatan, kesulitan gerak, hingga gangguan penglihatan.

Komplikasi dapat dicegah dengan melakukan pengobatan sejak dini untuk menurunkan risiko perkembangan sel kanker. Mengetahui ciri-ciri kanker otak menjadi hal penting untuk diketahui apabila kamu termasuk dengan orang yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit ini.

Berikut ciri-ciri kanker otak yang perlu diwaspadai, yaitu:

1. Sakit Kepala
Sakit kepala adalah ciri-ciri kanker otak yang paling utama. Biasanya, sakit kepala yang disebabkan oleh kanker otak akan bertambah parah meskipun telah diobati. Selain itu, sakit kepala lebih sering dialami pada pagi hari dan membaik setelah pengidap mengalami muntah.

Sakit kepala yang dirasakan juga terkadang dapat menyebabkan rasa pusing yang mengganggu. Pusing dapat menyebabkan gangguan keseimbangan, mual, hingga muntah. Jadi, jangan abaikan jika sakit kepala dan pusing tidak kunjung membaik dalam waktu beberapa hari dan menyebabkan kamu kesulitan berjalan.

2. Kesemutan
Ciri-ciri kanker otak lainnya adalah kesemutan atau lemas. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu bagian tubuh atau salah satu sisi bagian tubuh. Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami kondisi ini yang tidak kunjung membaik dalam beberapa hari.

3. Penurunan Kemampuan Berbicara
Jika tumor berkembang pada bagian otak besar yang berfungsi untuk memproses bahasa, hal ini menyebabkan pengidap kanker otak akan mengalami gangguan berbicara dan kesulitan untuk berkomunikasi.

4. Gangguan Keseimbangan
Gangguan keseimbangan menjadi gejala lain dari pengidap kanker otak. Hal ini terjadi ketika kanker muncul pada bagian otak kecil.

5. Kesulitan Menelan
Gejala ini bisa terjadi ketika sel kanker muncul pada bagian batang otak. Bukan hanya kesulitan menelan, sel kanker yang memengaruhi batang otak menyebabkan lemah pada salah satu bagian wajah, mati rasa pada wajah, hingga penglihatan ganda.

TAG TERKAIT :
Berita Center Kanker Otak Ciri Kanker Otak

Berita Lainnya