Nasional

Menteri Agama Tegaskan Tidak Ada Pemberhentian Umrah

Lukman Salasi - 17/01/2022 17:17
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.
FOKUS : Umrah 2022

BeritaCenter.COM – Pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia dipastikan tidak dihentikan meski ada kasus tim advance penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang terkena Omicron, Hal ini ditegaskan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Tidak ada pemberhentian umrah.” kata Menag saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Senayan-Jakarta, Senin (17/1/2022).

Seperti diketahui, jemaah umrah Indonesia diberangkatkan kali pertama pada 8 Januari 2022. Sampai keberangkatan pada 15 Januari 2022, total ada 1.731 jemaah umrah yang sudah berangkat ke Arab Saudi. 

Menag juga memastikan proses keberangkatan jemaah umrah akan tetap menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

“Saya juga sudah meminta kepada Pak Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah agar keberangkatan jemaah tetap menerapkan one gate policy," sambungnya.

"One gate policy tetap diberlakukan. Jangan kemudian di masing-masing daerah bisa terbang sendiri-sendiri," imbuhnya.

Awalnya, kata Menag, ada usulan untuk mencabut pengaturan one gate policy. Namun, setelah proses evaluasi dengan ada kasus tim advance penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang terkena Omicron, diputuskan kebijakan satu pintu tetap diberlakukan.

"Kita masih pakai one gate policy aja masih ada yang kena, apalagi kalau dicabut, akan sangat riskan," pesannya.

TAG TERKAIT :
Menteri agama Umrah 2022 Keberangakan Umrah Umrah Tidak Dihentikan Umrah Lanjut

Berita Lainnya