News

Tekan Penyebaran Omicron, Jokowi : Segera Cari Vaksin Booster Jika Sudah Vaksin Kedua

Aisyah Isyana - 18/01/2022 17:22

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti masyarakat untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) varian Omicron di tanah air. Guna melawan pandemi COVID-19, Jokowi menyoroti pentingnya untuk mendapat vaksinasi.

"Hal penting lainnya di masa pandemi adalah vaksinasi," ujar Presiden Jokowi dalam siaran YouTube Setpres, Selasa (18/1/2022).

Untuk itu, Jokowi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera divaksin, jika memang belum mendapat vaksin. Segera melengkapi vaksin kedua, bagi mereka yang baru divaksin dosis pertama. Jokowi meminta mereka yang sudah lengkap divaksin pertama dan kedua untuk segera mencari vaksin booster.

"Yang belum mendapatkan vaksin segeralah divaksin. Yang sudah mendapatkan vaksin pertama segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah dua kali vaksin segera cari vaksin ketiga, vaksin booster," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut vaksinasi gratis dan digalakkan demi keselamatan masyarkat Indonesia. Dia juga meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Semuanya gratis karena vaksinasi penting demi keselamatan kita semuanya," ujarnya. Jokowi juga mengingatkan pentingnya mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin.

Sekedar diketahui, ada tiga syarat yang diterapkan pemerintah terhadap masyarakat untuk menerima vaksin booster. Jika tak memenuhi syarat, maka yang bersangkutan belum bisa mendapat program vaksinasi booster.

Pemerintah telah memulai program vaksinasi booster gratis untuk masyarkat pada 12 Januari lalu. Adapun pemberian vaksin gratis ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena kan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

Berikut 3 syarat penerima vaksin Booster, sebagaimana dilansir lama resmi Kemenkes, yakni :
Lalu apa saja tiga syarat penerima vaksin booster? Jenis vaksin apa yang diterima? Bagaimana cara mengecek tiket dan jadwalnya? Berikut ulasannya.

3 Syarat Penerima Vaksin Booster

Selain dari tiga syarat itu, penerima vaksin booster juga harus memiliki tiket vaksin booster yang tertera pada aplikasi pedulilindungi.

TAG TERKAIT :
Presiden Jokowi Virus Corona Pandemi COVID-19 Vaksin Booster Vaksinasi COVID19

Berita Lainnya