News

Arteria Dahlan ke Orang Sunda : Saya Mohon Maaf, Tak Ada Niat Merendahkan

Saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat tokoh adat, tokoh agama, pemuda, semua lah. Karena saya anggap orang Sunda bagian dari kami, apalagi Jakarta berbatasan dengan jabar. Saya mohon maaf

Aisyah Isyana - 20/01/2022 16:44

Beritacenter.COM - Pasca viral pernyataannya yang dinilai telah menyinggung suku Sunda, anggota Komisi III Fraksi PDIP DPR, Arteria Dahlan, menghaturkan permohonan maaf. Dia memastikan tak ada niatnya untuk mendiskreditkan bahasa ataupun suku Sunda.

"Jadi sehubungan dengan pernyataan saya dalam Raker Komisi III dengan Kejagung RI, pertama-tama ingin saya sampaikan nggak ada niat, nggak ada maksud mendiskreditkan, untuk merendahkan keluarga kami dari suku Sunda, mendiskreditkan bahasa Sunda dan masyarakat Jabar pada umumnya," ujar Arteria dalam jumpa pers di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Dalam hal ini, Arteria menyebut pernyataannya itu merupakan kiritik terhadap pejabat kejaksaan. Arteria meminta maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat, khususnya orang Sunda. Dia memastikan tak ada niat sedikit pun menyakiti masyarakat suku Sunda.

"Saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat tokoh adat, tokoh agama, pemuda, semua lah. Karena saya anggap orang Sunda bagian dari kami, apalagi Jakarta berbatasan dengan jabar. Saya mohon maaf," ujarnya.

"Dan kami pastikan nggak ada niat sedikit pun merendahkan, menyakiti hati keluarga kami yang bersuku Sunda," sambung Arteria.

Arteria juga menyebut telah mengklarifikasi pernyataannya kepada DPP PDIP, yakni ke Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun, serta ke Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto.

"Pernyataan yang buat gaduh ini murni dalam tugas saya sebagai anggota DPR selaku pengawasan, tidak ada kaitan dengan fraksi atau partai kami. Dan pastinya nggak ada maksud rasis atau merendahkan bahasa suku Sunda," tuturnya.

Lebih lanjut, Arteria memastikan dirinya siap menerima sanksi dan segala konsekuensi atas pernyataan kontroversialnya. Arteria memastikan hal ini akan menjadi pelajaran untuknya kedepan dan melakukan introspeksi.

"Saya juga terima kasih atas semua kritik, masukan, saran yang telah diberikan dalam bentuk apapun baik di medsos, pemberitaan-pemberitaan, bagi saya pengayaan dan mudah-mudahan saya bisa belajar jadikan bahan tersebut sebagai pencermatan dan pembelajaran agar saya bisa bekerja lebih baik ke depan," pungkasnya.

TAG TERKAIT :
DPR PDIP Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda Kajati Berbahasa Sunda

Berita Lainnya