News

KPK Dapati Sejumlah Satwa Dilindungi saat Geledah Kediaman Bupati Langkat

Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan pula adanya sejumlah satwa yang dilindungi oleh UU yang diduga milik tersangka TRP

Aisyah Isyana - 26/01/2022 15:34

Beritacenter.COM - Saat melakukan penggeledahan di kedaiman Bupati Langkat, Terbit Rencana Parangin Angin, KPK mendapati adanya sejumlah satwa dilindungi. Diduga satwa-satwa dilindungi itu merupakan milik Terbit Rencana.

"Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan pula adanya sejumlah satwa yang dilindungi oleh UU yang diduga milik tersangka TRP," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Pasca temuan yang diketahui pada penggeledahan yang dilakukan Selasa (25/1) kemarin, KPK akan berkoordinasi dengan pihak terkait. "Atas temuan ini, tim penyidik segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan hukum berikutnya," jelas Ali.

Dalam penggeledahan itu, KPK juga mendapati sejumlah uang tunai beserta dokumen terkait perkara tersebut. "Di mana tim penyidik menemukan sejumlah uang tunai dalam pecahan rupiah dan dokumen-dokumen lain yang terkait dengan perkara," jelasnya.

Ali menyebut bukti itu nantinya akan kembali didalami dan dilakukan penytiaan. KPK juga akan mengkonfirmasi kembali para saksi terkait bukti tersebut.

"Bukti ini, akan didalami lebih lanjut di antaranya dengan dilakukan penyitaan serta dikonfirmasi kembali kepada para saksi-saksi yang akan dipanggil," ujarnya.

Sekedar diketahui, Bupati Langkat Terbit Rencana Parangin Angin terjaring OTT KPK. Dalam kasus ini, KPK turut mengamankan sejumlah orang termasuk Bupati Langkat.

Dalam kasus ini, KPK menyebut Terbit Rencana diduga mengatur fee dari paket pengerjaan proyek yang dibuat sejak 2020. Dalam membuat paket proyek itu, Terbit Rencana turut melibatkan saudara dan sejumlah jajaran orang kepercayaannya.

KPK menetapkan Bupati Langkat Terbit Rencana bersama lima orang lainnya sebagai tersangka. Adapun satu orang dinataranya berperan sebagai pemberi, sementara lima lainnya sebagai penerima.

Pemberi: 1. MR (Muara Perangin Angin) selaku swasta

Diduga penerima:

1. TRP (Terbit Rencana Perangin Angin) selaku Bupati Langkat
2. ISK (Iskandar PA) selaku Kepala Desa Balai Kasih atau kakak kandung Terbit Rencana
3. MSA (Marcos Surya Abdi) selaku swasta/kontraktor
4. SC (Shuhanda Citra) selaku swasta/kontraktor
5. IS (Isfi Syahfitra) selaku swasta/kontraktor

TAG TERKAIT :
KPK Kasus Korupsi OTT Bupati Langkat Terbit Rencana Parangin Angin

Berita Lainnya