News

BREAKING NEWS !! Kasus Covid -19 di Jakarta Tembus 14 Ribu

Rahman Hasibuan - 27/01/2022 09:53

Beritacenter.COM - Kasus aktif Covid-19 di Jakarta mencapai 14.093 dalam laporan dipublikasi Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Selasa (26/1).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan bahwa jumlah kasus Covid-19 tersebut disebabkan active case finding sekaligus penularan virus sudah meluas.

"(Kasus aktif tinggi disebabkan) dua-duanya, karena active case findingnya dan karena setting kita sudah asumsi Omicron semakin dominan berarti kan lebih mudah menular," ujar Dwi, Selasa (26/1) malam.

Kapendam XVII/Cendrawasih Kol Inf Aqsah Erlangga membenarkan bahw

Dia menjelaskan, semakin banyak temuan kasus positif Covid-19, semakin cepat Pemprov DKI mengambil langkah untuk memutus rantai penularan. Caranya dengan memberikan kebijakan-kebijakan sesuai masalah yang ada.

Khusus untuk kebijakan rem darurat, Dwi mengatakan, kebijakan tersebut belum menjadi pilihan tepat bagi Pemprov DKI Jakarta. Namun, Dwi menyerahkan segala keputusan kepada Pemprov DKI yang terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terhadap status level pembatasan aktivitas masyarakat di Jakarta.

"Pada saat ini keputusannya mungkin belum untuk melakukan itu," ujar dia.

Terpenting, menurut Dwi, upaya memutus rantai penularan Covid-19 terus dilakukan Pemprov DKI. Seperti kebijakan agar pelajar atau tenaga kependidikan yang satu rumah dengan anggota keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 diminta untuk tidak ikut serta pembelajaran tatap muka (PTM) sampai menuntaskan masa isolasinya.

"Pengaturan untuk PTM adalah kalau anggota keluarga yang tinggal satu rumah dengan murid ada yang isolasi, atau si muridnya, sedang menjadi kontak erat dari penderita Covid lain, maka dia tidak boleh mengikuti PTM secara offline sampai selesai masa karantinanya," ujarnya.

Dia menjelaskan langkah ini sekaligus menekan penularan virus yang berasal dari klaster keluarga kemudian menyebar ke lingkup pendidikan.

"Kita sebenarnya sudah memitigasi, meminimalkan, kemungkinan adanya kasus tambahan akibat dari klaster keluarga yang meluas pada klaster sekolah," kata Dwi.

 

TAG TERKAIT :
Berita Center Covid -19 Kasus Covid -19 di Indonesia Covid -19 di Jakarta

Berita Lainnya