News

Antisipasi Penyebaran Wabah PMK, Kabupaten Aceh Barat Lockdown Hewan Ternak

Aisyah Isyana - 16/05/2022 10:44

Beritacenter.COM - Petugas gabungan melakukan lockdown terhadap pintu masuk di wilayah Kabupaten Aceh Barat, guna mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) hewan ternak. Dengan begitu, hewan ternak yang akan keluar masuk wilayah itu tak akan diizinkan oleh petugas.

Alhasil, kendaraan-kendaraan yang kendapatan membawa hewan ternak untuk dipasaok ke Meulaboh, Aceh Barat, akan dihentikan petugas di pos penyekatan.

Walaupun kendaraan yang memasok hewan ternak memiliki dokumen lengkap, petugas tetap meminta mereka untuk berbalik arah dan tak diizinkan masuk ke wilayah Aceh Barat.

Petugas tak hanya mencegat pasokan hewan dari luar saja, namun ternak-ternak lokal yang hendak keluar dipasok ke daerah lain juga akan dicegat dan tak diizinkan keluar petugas.

“Penyekatan atau lockdown hewan ternak yang dilakukan petugas gabungan dari TNI-Polri dan dinas peternakan ini untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaki terhadap hewan ternak,” ujar Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, Senin (16/5/2022).

Tak hanya melakukan penyekatan, petugas gabungan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan wabah PMK agar tak menginfeksi ternak warga.

Sejauh ini, masih belum ada hewan ternak di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, yang terjangkit wabah PMK. Kendati begitu, petugas akan terus melakukan pengawasan dan melakukan penyekatan secara ketat.

TAG TERKAIT :
Meulaboh Aceh Barat Lockdown Penyekatan Wabah PMK Penyakit Mulut dan Kaki

Berita Lainnya